KBRI Kuala lumpur gelar wisuda pekerja migran

id Wisuda Universitas Terbuka,Wisuda Pekerja Migran

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur menyelenggarakan prosesi penyerahan ijazah bagi pekerja migran yang menjadi mahasiswa Universitas Terbuka di Aula Hasanuddin KBRI Kuala Lumpur, Kamis. (1)

Kuala Lumpur,  (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur menyelenggarakan prosesi penyerahan ijazah bagi pekerja migran yang menjadi mahasiswa Universitas Terbuka di Aula Hasanuddin KBRI Kuala Lumpur, Kamis.

Wisuda diikuti oleh 11 orang wisudawan yang terdiri dari berbagai program studi, seperti Ilmu Pemerintahan, Sastra Inggris, Ilmu Komunikasi dan Akuntansi.

Wisudawan berasal dari Pokjar Kuala Lumpur dan Pokjar Penang dengan berbagai latar belakang profesi, seperti pekerja konstruksi, rumah tangga dan manufaktur.

Seharusnya peserta wisuda tahun ini berjumlah 30 orang, namun sebagian telah mengikuti prosesi wisuda yang diselenggarakan di Batam.

Acara itu dihadiri oleh kurang lebih 200 orang yang terdiri dari para wisudawan, keluarga serta mahasiswa Universitas Terbuka di Malaysia.

Prosesi wisuda dibuka oleh Prof. Ojat Darojat, Rektor Universitas Terbuka Indonesia, dan dilanjutkan dengan prosesi penyerahan ijazah dan pemindahan tali toga oleh Rusdi Kirana, Duta Besar RI untuk Malaysia.

Dalam sambutannya Rusdi Kirana menyampaikan apresiasi kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan perkuliahan di sela-sela pekerjaannya.

Duta Besar juga memberikan motivasi kepada para wisudawan untuk terus membekali diri, baik dengan ilmu pengetahuan maupun keterampilan.

Sedangkan Rektor Universitas Terbuka Indonesia menyampaikan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada KBRI atas perhatian dan bimbingan yang telah diberikan kepada para pekerja migran yang ada di Malaysia, khususnya Kuala Lumpur.

Ditambahkan bahwa jumlah total mahasiswa Universitas Terbuka Luar Negeri di 36 negara sebanyak 2.500 orang dan sebanyak 1.500 orang berada di Malaysia.

Setelah prosesi penyerahan ijazah acara dilanjutkan dengan kuliah umum yang diberikan oleh Rektor Universitas Indonesia dan Duta Besar RI kepada para Mahasiwa Universitas Terbuka di Malaysia.

Dialog yang dipandu oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Ari Purbayanto dan Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya Agung Cahaya Sumirat ini berlangsung hangat dan para mahasiswapun menunjukan antusiasme yang tinggi dengan berpartisipasi aktif dalam dialog tersebut.

Rangkaian kegiatan ini juga disiarkan secara langsung via facebook live video KBRI Kuala Lumpur dan siaran ini menjangkau 10.797 orang.

Prosesi penyerahan ijazah ini merupakan kali ke-tiga diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur. Prosesi sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2015 dan 2016.

Khusus pada Universitas Terbuka Kelompok Belajar (Pokjar) Kuala Lumpur hingga kini tercatat sebanyak 400 orang mahasiswa.
Pewarta :
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar