Delapan titik panas tersebar di Riau

id Delapan titik panas tersebar di Riau

Delapan titik panas tersebar di Riau

Ilustrasi (ANTARA News/Grafis/Lukisatrio)

Pekanbaru (AntaraKL) - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru mendeteksi sebanyak delapan titik panas yang tersebar di empat kabupaten di Provinsi Riau.

Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin di Pekanbaru menjelaskan seluruh titik panas yang terdeteksi satelit Terra dan Aqua pada Minggu pukul 05.00 WIB terdeteksi merata di Bengkalis, Meranti, Indragiri Hulu, dan Pelalawan.

"Empat titik panas terdeteksi di Bengkalis, dua titik di Meranti dan satu titik masing-masing di Pelalawan dan Indragiri Hulu," kata Sugarin.

Dari delapan titik panas yang terpantau, Sugarin mengatakan tiga diantaranya dipastikan sebagai titik api atau mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan dengan tingkat kepercayaan diatas 70 persen.

Ketiga titik panas itu masing-masing terpantau di Bengkalis, Meranti dan Pelalawan.

Sementara itu, berdasarkan data BMKG, sejumlah wilayah lainnya di Sumatera turut terpantau adanya titik panas. Sugarin mengatakan titik panas terbanyak terdeteksi di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam dengan 13 titik.

Selanjutnya di Sumatera Utara empat titik, Sumatera Barat tiga titik, Jambi dan Kepulauan Riau masing-masing satu titik panas.

Pemerintah Provinsi Riau menetapkan status siaga darurat Karhutla sebagai upaya untuk mempercepat pencegahan dan penanggulangan kebakaran pada 7 Maret 2016 lalu.

Pelakasana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan langkah tersebut diambil setelah mempertimbangkan sejumlah hal seperti prediksi BMKG yang menyatakan bahwa curah hujan wilayah utara Riau terus menipis.

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan ditetapkannya status tersebut, selain memaksimalkan proses pemadaman juga dapat memaksimalkan upaya pencegahan termasuk sosialisasi ke masyarakat.

Provinsi Riau melalui Satgas Karhutla terus berusaha menanggulangi kebakaran di wilayah tersebut. Komandan Satgas Karhutla Riau Brigjen TNI Nurendi mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah mengirim sebanyak enam satuan setingkat kompi untuk melakukan pencegahan dengan patroli dan penindakan Karhutla.