Presiden Jokowi menemui Presiden Xi Jinping tegaskan kemitraan strategis

id Presiden jokowi,presiden xi jinping,republik rakyat tiongkok,beijing

Presiden Jokowi menemui Presiden Xi Jinping tegaskan kemitraan strategis

Presiden RI Joko Widodo bertemu dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, RRT, Selasa (26-7-2022). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo melangsungkan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping yang menegaskan kemitraan strategis antara kedua negara.

Presiden Xi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan menyampaikan kegembiraannya dapat bertemu langsung dengan Presiden Jokowi.

"Yang Mulia adalah Kepala Negara pertama yang diterima pihak Tiongkok setelah Olimpiade Musim Dingin Beijing. Hal ini cukup membuktikan betapa mesranya antara hubungan kedua pihak," kata Presiden Xi di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa.

Presiden Jokowi disambut oleh Presiden Xi dan keduanya langsung melakukan foto bersama. Setelah itu, kedua pemimpin negara bersama-sama menuju ruang pertemuan.

Baca juga: Merah-Putih berkibar di Kota Terlarang-Tiananmen saat kunjungan Presiden Jokowi

Presiden Jokowi dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat kepada dirinya dan delegasi Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin menyampaikan komitmennya untuk memperkuat kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan bagi kedua negara sekaligus kawasan dan dunia.

"RRT adalah mitra strategis komprehensif Indonesia. Kita harus mengisi kemitraan tersebut dengan kerja sama yang menguntungkan untuk negara kita, dan sekaligus untuk kawasan dan dunia," kata Presiden Jokowi.
 
Pewarta :
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2022