Macron temui para menteri bahas masalah anggaran dan keamanan Olimpiade Paris 2024

id Olimpiade Paris,Emmanuel Macron

Macron temui para menteri bahas masalah anggaran dan keamanan Olimpiade Paris 2024

Warga berkumpul di zona penggemar Olimpiade Paris untuk menyaksikan upacara penutupan Olimpiade Tokyo, di depan Menara Eiffel, Trocadero Garden, Paris, Prancis, Minggu (8/7/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Benoit Tessier/HP/djo.

Saya menegaskan lagi prinsip sederhana: tidak akan ada pajak Olimpiade. Olimpiade harus membiayai Olimpiade
Jakarta (ANTARA) - Presiden Prancis Emmanuel Macron menemui para menteri senior untuk meredakan kekhawatiran terkait persiapan Olimpiade Paris 2024 yang dihadapkan dengan masalah anggaran dan keamanan.

Olimpiade bakal menjadi fokus perhatian dari masa jabatan kedua Macron yang baru terpilih kembali demi memproyeksikan citra Prancis yang nyaman dalam identitas modern dan terbuka untuk dunia.

Namun ketika upacara pembukaan yang dijadwalkan pada 26 Juli 2024 semakin dekat, muncul kekhawatiran terkait pembiayaan dan persiapan keamanan.

Reputasi Prancis sebagai tuan rumah berpengalaman dalam menyelenggarakan ajang olahraga itu justru tercoreng setelah kericuhan final Liga Champions antara Liverpool dan Real Madrid di Paris pada 28 Mei lalu. Kritikus menyoroti cara penanganan pihak kepolisian yang dinilai kejam.

Badan audit utama Prancis, Cour des Comptes, bahkan telah memperingatkan dalam sebuah laporan yang menyebut pentingnya meningkatkan persiapan untuk menghadapi tantangan keamanan yang "cukup besar".

"Definisi kebutuhan keamanan yang lebih tepat menjadi mendesak," kata laporan itu, seperti dikutip AFP.