Bappenas dorong G20 wujudkan karbon biru untuk kurangi dampak perubahan iklim

id Blue carbon

Bappenas dorong G20 wujudkan karbon biru untuk kurangi dampak perubahan iklim

Aktivis Sahabat Penyu bersama warga dan pecinta lingkungan melakukan aksi penanaman mangrove atau pohon bakau di kawasan pesisir di Pantai Lantora Kampung Baru, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, dalam rangka peringatan Hari Mangrove Sedunia, Selasa (26/7). (ANTARA/HO/Dokumentasi Sahabat Penyu)

Kita harus berpacu juga untuk menjaga dan merehabilitasi ekosistem karbon biru kita yang semakin terdegradasi
Jakarta (ANTARA) - Deputi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas J. Rizal Primana mendorong negara anggota G20 untuk mewujudkan ekosistem blue carbon atau karbon biru secara berkelanjutan karena akan membantu upaya mengurangi dampak perubahan iklim.

Rizal dalam Seminar G20 terkait Blue Carbon bertajuk Enabling Conservation and Financial Capital di Bali, Senin, mengatakan dampak dari penerapan karbon biru berkelanjutan itu akan nampak dalam jangka panjang.

“Dalam jangka panjang, penyerapan dan penyimpanan karbon yang baik dan terjaga akan membantu upaya mengurangi dampak perubahan iklim,” katanya.

Potensi karbon biru di Indonesia mencapai 3.4 Giga Ton (GT) atau sekitar 17 persen dari karbon biru dunia dan sebarannya ada di ekosistem pesisir seperti hutan mangrove, hutan bakau, padang lamun dan lahan gambut di kawasan pesisir.

Ekosistem pesisir ini dapat membantu penyerapan emisi karbon yang ada di atmosfer dan lautan lalu menyimpannya pada daun, batang, cabang, akar serta sedimen yang mendasari.

Baca juga: Kemenparekraf menyajikan 11 menu khas Keraton Mangkunegaran di IWTCF 2022

Rizal mengatakan tata kelola ruang dan konservasi pesisir di Indonesia menitikberatkan perencanaanya sesuai prinsip berkelanjutan agar ekosistem karbon biru berkontribusi lebih banyak dalam penurunan emisi gas rumah kaca (GRK).

Menurut Rizal, jika pengelolaannya terus dikuatkan dengan adaptasi dan mitigasi menuju ketahanan iklim maka Indonesia pasti berkontribusi lebih banyak dalam penurunan GRK hingga 29 persen secara nasional dan 41 persen secara global hingga 2030.

Oleh sebab itu, ia menegaskan saat ini merupakan momen yang tepat agar ekosistem tersebut menjadi prioritas utama dalam perencanaan tata kelola ruang dan konservasi pesisir di Indonesia maupun global.

Terlebih lagi, mangrove dan padang lamun dapat menyerap dan menyimpan karbon alami atau carbon sink yang sangat besar dalam waktu sangat lama bahkan lebih banyak dari hutan terestrial.

Menjaga kelestarian ekosistem pesisir baik hutan mangrove maupun padang lamun, dapat memberi berbagai manfaat seperti mencegah erosi serta melindungi perumahan warga ketika pasang surut, badai dan banjir ketika menghantam.

Kemudian juga menangkap polutan yang kerap ada di udara dan perairan sekaligus menjadi habitat bagi makhluk hidup yang terkhusus berada di wilayah pesisir.

"Kita harus berpacu juga untuk menjaga dan merehabilitasi ekosistem karbon biru kita yang semakin terdegradasi," tegasnya.

Baca juga: Menkominfo mengajak Meta hingga Cisco ramaikan Presidensi G20 Indonesia

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bappenas dorong G20 wujudkan karbon biru untuk kurangi perubahan iklim