Nathania Karina menjadi konduktor GBN perempuan pertama

id GBN, Gita Bahana Nusantara, GBN 2022

Nathania Karina menjadi konduktor GBN perempuan pertama

Konferensi pers terkait Gita Bahana Nusantara (GBN) 2022 di Depok, Jawa Barat, Kamis (11/8/2022). (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Nathania Karina yang merupakan lulusan doktor musik dari Boston University yang menjadi perempuan pertama sebagai konduktor di Gita Bahana Nusantara (GBN).

"Saya sangat bersemangat menjalani latihan dengan anggota GBN. Menurut saya, GBN merupakan versi mini dari Indonesia," ujar Nathania Karina di kawasan pemusatan latihan GBN di Depok, Jawa Barat, Kamis (11/8).

Sebelumnya, GBN dipimpin oleh konduktor laki-laki. Dia mengaku senang dapat bergabung dengan GBN dan bisa mengenal berbagai musisi muda dari berbagai daerah di Tanah Air.

Sejumlah persiapan dilakukan, seperti pelatihan teknis dan mental agar dapat memimpin GBN dengan baik. Ia sudah mengenal GBN sejak lama.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek, Restu Gunawan, mengatakan untuk pertama kalinya setelah pandemi COVID-19, GBN akan tampil secara luring.

"Alhamdulillah tahun ini kita dapat tampil secara langsung di Istana Merdeka. Mudah-mudahan seluruh peserta dapat berlatih maksimal dan bersungguh, serta menjaga kesehatannya," kata Restu.

Ketua Pelaksana GBN 2022, Yayuk Sri Budi Rahayu,mengatakan pada tahun ii terdapat 199 putra putri terpilih yang akan tampil di Gedung DPR/MPRd dan Istana Merdeka pada pengibaran serta penurunan bendera Merah Putih.

"Terdapat 17 lagu baik nasional dan daerah yang akan dinyanyikan oleh GBN. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya," kata Yayuk.

Salah satu yang menarik yang akan ditampilkan yakni Medley Nusantara yang akan disajikan koreografi apik dan indah. Medley Nusantara merupakan aransemen dari berbagai lagu daerah yakni Indung-indung, Tutu Koda, Bindhe Biluhuta, Sang Bumi Ruwa Jurai, Lir Sa'alir, Ulate, dan E Mambo Simbo.

Baca juga: Konser tunggal Raisa akan digelar di GBK Februari 2023

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: GBN 2022 dipimpin konduktor perempuan