Beragam kesenian akan meriahkan Rang Solok Baralek Gadang

id Pemkot akan, gelar beragam, kesenian meriahkan, rang Solok, baralek gadang

Beragam kesenian akan meriahkan Rang Solok Baralek Gadang

Sejumlah ibu-ibu meletakkan barang bawaannya di atas kepala saat perayaan HUT Kota Solok (ANTARA/Tri Asmaini)

Sebagian daerah tetap bertahan sebagai areal sawah, tempat menghasilkan beras Solok
Solok (ANTARA) - Beragam kegiatan seni tradisi, permainan anak nagari hingga bazar akan menghibur masyarakat dan wisatawan dalam rangka memeriahkan Rang Solok Baralek Gadang (pesta besar) di Kota Solok, Sumatera Barat.

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar dalam keterangan tertulisnya mengatakan acara Rang Solok Baralek Gadang merupakan bentuk perhelatan masyarakat Kota Solok menyambut hasil panen yang melimpah.

Terutama menyambut hasil panen padi yang menjadi hasil pertanian utama di daerah berjuluk Kota Beras Serambi Madinah itu.

Selain itu, Kota Solok terkenal sebagai Kota Beras Serambi Madinah. Identitas itu tetap bertahan kendati Kota Solok telah tumbuh menjadi daerah perkotaan.

"Sebagian daerah tetap bertahan sebagai areal sawah, tempat menghasilkan beras Solok,” ujar dia.

Hamparan sawah dengan budaya yang masih hidup di tengah masyarakat menjadi keunikan tersendiri bagi Kota Solok.

Pemandangan pertanian menghampar di tengah pemukiman dan perkantoran. Kondisi inilah yang dirayakan melalui ajang Rang Solok Baralek Gadang.

Di samping itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Elvi Basri mengatakan acara Rang Solok Baralek Gadang akan diawali dengan prosesi Batulak Bala yang dirangkai dengan opening ceremony pada 22 September 2022. Pelaksanaannya dipusatkan di areal Sawah Solok.

Batulak Bala merupakan ritual adat turun temurun yang masih bertahan di Kota Solok. Tradisi ini biasanya dilakukan sebelum masuk musim tanam. Ratusan petani dan masyarakat akan turun ke sawah dengan lantunan zikir serta doa-doa. Tujuannya agar tanaman masyarakat selamat dari hama penyakit serta membuahkan hasil yang melimpah.
 
Pewarta :
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2022