Pemkot Cirebon promosi wisata ke turis Malaysia di BIJB Kertajati

id Bandara Kertajati,Pemkot Cirebon

Pemkot Cirebon promosi wisata ke turis Malaysia di BIJB Kertajati

Suasana di area BIJB Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. (ANTARA/Fathnur Rohman)

Cirebon (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, memanfaatkan ramainya aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dengan mempromosikan destinasi unggulan di daerahnya kepada penumpang asal Malaysia, agar jumlah kunjungan turis asing semakin meningkat.
 
Penjabat (Pj) Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi di Cirebon, Rabu, mengatakan kegiatan promosi wisata itu sudah dilakukan dalam beberapa bentuk. Misalnya melalui forum resmi hingga membuat paket wisata terpadu dengan daerah penyangga di sekitar Bandara Kertajati.
 
“Kita sudah lakukan (promosi) di kegiatan semacam family gathering dari Malaysia untuk bisa memperkenalkan (destinasi) di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning),” kata Agus.
 
Agus menjelaskan promosi pariwisata itu harus dimasifkan, karena penambahan kunjungan wisatawan mancanegara dapat terjadi dengan adanya rute penerbangan internasional dari negara tersebut melalui Bandara Kertajati.
 
Oleh sebab itu, Pemkot Cirebon membidik penumpang asal Malaysia sebagai calon turis asing yang bisa berwisata di kotanya.
 
“Sekarang yang masih secara reguler dan berjadwal itu penerbangan internasionalnya dari Malaysia. Kota Cirebon siap memberikan dukungan agar tidak menjadi daerah transit saja, tentu juga destinasi,” ujarnya.
 
Tidak hanya aktif mempromosikan destinasi wisata, pihaknya telah menyiapkan cara lain agar keberadaan Bandara Kertajati dapat berdampak signifikan pada perekonomian Kota Cirebon.
 
Salah satunya, kata dia, dengan menyulap Pasar Balong Kota Cirebon sebagai tempat niaga yang menyediakan berbagai barang grosir untuk kemudian bisa dibeli oleh para turis.
 
Agus menargetkan proses penataan pasar tersebut mulai berjalan pada 2024 mendatang.
 
“Kita lihat orang datang ke Cirebon itu selain wisata, tapi ada juga mendorong transaksi ke perekonomian. Tipikal turis Malaysia itu kan pergi ke Bandung, di sana ada pasar baru. Kita juga dorong untuk menciptakan pasar tersebut,” katanya.
 
Lebih lanjut, Agus mengemukakan sektor pariwisata di Kota Cirebon kembali menggeliat setelah Bandara Kertajati beroperasi penuh sejak 29 Oktober 2023.
 
Hal itu ditandai dengan meningkatnya okupansi penginapan di Kota Cirebon yang selalu ramai pada akhir pekan. “Artinya setelah Bandara Kertajati beroperasi, sekarang sudah berefek,” ucapnya.
 
Agus menambahkan berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, jumlah kunjungan wisatawan asing di Kota Cirebon tercatat sebanyak 34.846 turis dari total 3,3 juta wisatawan sampai awal Desember 2023.

“Dari data itu, wisatawan asing di Kota Cirebon paling banyak mengunjungi destinasi hotel bintang sekitar 33.200 turis, kemudian disusul objek wisata dan tempat hiburan sebanyak 857 turis, serta rumah makan dengan jumlah 521 turis,” katanya.