Pekan Kebudayaan Daerah Sumbar 2022 menyuguhkan ragam seni dan budaya

id Kebudayaan,PKD,Seni,Pekan kebudayaan,Sumbar,Padang,Taman budaya

Pekan Kebudayaan Daerah Sumbar 2022 menyuguhkan ragam seni dan budaya

Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Syaifullah (tengah) memberikan keterangan pers sebelum pembukaan Pekan Budaya Daerah Sumbar 2022 di Padang, Jumat (30/9). ANTARA/FathulAbdi

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyuguhkan beragam karya seni, tradisi dan budaya setempat pada Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) 2022 yang dibuka pada Sabtu (1/10).

"Dalam kegiatan ini akan ditampilkan berbagai karya seni serta pertunjukan yang layak untuk disaksikan oleh masyarakat terutama generasi muda, bukan hanya Minangkabau tapi juga daerah lain," Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Syaifullah, saat memberikan keterangan pers di Padang, Jumat.

Ia memaparkan sejumlah suguhan itu mulai dari karya seni rupa, pertunjukan tari, teater, musik, panggung visual, panggung literasi, hingga lomba dan festival.

Pekan Kebudayaan Sumbar digelar bertepatan dengan peringatan hari jadi Provinsi Sumbar yang ke-77 yaitu pada tanggal 1 hingga 5 Oktober 2022 di Taman Budaya Sumbar, Padang.

Syaifullah menjanjikan ada banyak keseruan, pengetahuan, hiburan, serta pengalaman bernada kebudayaan yang bisa didapatkan pengunjung saat hadir ke lokasi.

Ia mengatakan ajang tersebut bertujuan untuk memberi ruang serta apresiasi kepada seniman dan budayawan agar bisa menampilkan semua talenta yang dimiliki.

Pengunjung juga tidak perlu meragukan kualitas serta pertunjukan nanti, karena pihak penyelenggara melibatkan kurator dalam proses kurasi karya.

Setidaknya ada lima kurator yang ahli di bidang masing-masing di antaranya adalah Nasrul Azwar, Nessya Fitriona, dan Edy Utama.

Perwakilan kurator yakni Nasrul Azwar mengatakan setiap kurator telah mengurasi setiap karya maupun pertunjukan dengan standar yang jelas.

"Peluang tampil tidak hanya diberikan kepada seniman senior saja, tapi juga untuk seniman muda yang membawa pembaruan dalam karyanya," jelasnya.

Dalam proses seleksi serta kurasi, lanjutnya, kurator juga memetakan potensi para seniman dan memonitor aktivitas keseniannya dalam tiga tahun terakhir.

Masyarakat yang ingin mengetahui daftar lengkap serta jadwal kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah Sumbar 2022 bisa melihat di instagram dinaskebudayaanSumbar.