KJRI Johor Bahru tabur bunga di makam pahlawan nasional Tuanku Tambusai

id Hari Pahlawan,Tuanku Tambusai,KJRI Johor Bahru

KJRI Johor Bahru tabur bunga di makam pahlawan nasional Tuanku Tambusai

Konsul Jenderal RI Johor Bahru menabur bunga di makam pahlawan nasional Tuanku Tambusai di Negeri Sembilan, Malaysia, Rabu (9/11/2022). ANTARA/HO-KJRI Johor Bahru

Kuala Lumpur (ANTARA) - Jajaran Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru melakukan upacara hening cipta dan tabur bunga di makam pahlawan nasional Indonesia Tuanku Tambusai di Negeri Sembilan, Malaysia.

Konsul Jenderal RI Johor Bahru Sigit S Widiyanto pada Kamis mengingatkan bahwa keberadaan makam Tuanku Tambusai itu merupakan khazanah kekayaan, baik untuk Indonesia maupun Malaysia. 
 
"Semangatnya harus kita teladani dalam perjuangan kita masing-masing,” kata Konsul Jenderal RI Johor Bahru Sigit S Widiyanto dalam keterangannya dari Johor Bahru.

Ia mengapresiasi ahli waris Tuanku Tambusai yang telah merawat dan memelihara keberadaan makam pahlawan nasional  Indonesia tersebut di Negeri Sembilan.

KJRI Johor Bahru, ujar dia, akan terus berupaya mendorong agar keberadaan makam pahlawan nasional Tuanku Tambusai dapat senantiasa terawat, terjaga, dan terpelihara dengan baik.

Untuk itu, ia mengatakan KJRI akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Sosial RI --sebagai pihak yang berwenang dalam hal pengelolaan makam pahlawan nasional.

Tabur bunga dan mengheningkan cipta di makam Tuanku Tambusai juga diikuti oleh keturunan ke-6 dan ke-7 pahlawan nasional tersebut. Hadir pula perwakilan Jabatan Museum Negeri Sembilan, para guru, dan siswa Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB).

Sesuai tema peringatan Hari Pahlawan 2022, yaitu Pahlawanku Teladanku, Konjen Sigit menyampaikan pesan kepada para siswa Sekolah Indonesia Johor Bahru yang hadir agar mereka terus mempertahankan semangat untuk mencapai cita-cita.

Semangat pantang menyerah Tuanku Tambusai untuk selalu mempertahankan prinsip kemerdekaan harus menjadi teladan bagi setiap siswa dalam menghadapi permasalahan, ujar dia.

Ia juga berharap siswa SIJB dapat mengenal, mempelajari, dan mengenang jasa dan perjuangan Tuanku Tambusai semasa berjuang melawan penjajah.

Dengan memahami perjuangannya tersebut, siswa-siswi diharapkan dapat menerapkan dan mengimplementasikan semangat berjuang di dalam kegiatan belajar. 

Baca juga: KJRI Johor Bahru jembatani IKM dari Tanjung Pinang dan koperasi Malaysia
Baca juga: Konjen RI: Penempatan TV Robot ANTARA membantu diseminasi layanan KJRI
Baca juga: KJRI Johor Bahru ajak Malaysia pererat hubungan untuk cepat keluar dari dampak pandemi COVID-19 di resepsi diplomatik


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KJRI Johor Bahru tabur bunga di makam pahlawan Tuanku Tambusai