Preview Piala Dunia 2022, Jepang vs Kosta Rika

id Piala Dunia 2022, Preview Piala Dunia,Jepang vs Kosta Rika

Preview Piala Dunia 2022, Jepang vs Kosta Rika

Ilustrasi - Preview Piala Dunia 2022: Jepang vs Kosta Rika (ANTARA/Juns)

Jakarta (ANTARA) - Sebelum menumbangkan Jerman dalam pertandingan pertama, banyak kalangan memprediksi nasib Jepang tak akan lebih dari fase grup karena di Grup E ada dua raksasa yang semuanya mantan juara dunia, yakni Jerman dan Spanyol.

Kebanyakan orang menjagokan Jerman dan Spanyol sebagai dua wakil Grup E yang lolos ke babak knockout. Sedikit sekali yang menjagokan Jepang dan Kosta Rika.

Kini semua prediksi itu pupus begitu Jepang menggulingkan Jerman 2-1. Samurai Biru tiba-tiba menjadi favorit, apalagi mereka akan menghadapi Kosta Rika yang dihancurkan Spanyol, pada pertandingan kedua fase grup Minggu sore nanti. Ini membuat tim Hajime Moriyasu di ambang lolos ke 16 besar.

Jepang mungkin dalam optimisme tinggi, tetapi menganggap enteng Kosta Rika yang kelasnya di bawah Jerman, bisa menjadi bumerang.

Kasus Iran yang bangkit mengalahkan Wales dalam pertandingan kedua setelah diluluhlantakkan oleh Inggris 2-6 adalah contoh nyata situasi terpojok bisa memicu munculnya energi lebih yang membuat harapan hidup kembali.

Kosta Rika pastinya melihat kebangkitan Iran itu sebagai benchmark untuk membangun kembali kepercayaan diri setelah dikoyak habis oleh Spanyol dalam laga pertama.

Namun pelatih Kosta Rika Luis Fernando Suarez mengakui memulihkan mental setelah kalah begitu besar adalah pekerjaan yang teramat sulit.

"Saya khawatir secara mental tim kami tidak bisa keluar dari keterpurukan," kata Suarez.

"Itu hal pertama yang harus saya selesaikan," sambung dia seperti dikutip Reuters. "Kami harus melupakan kekalahan itu."