Utusan khusus anti Islamofobia mulai melakukan tur lintas Kanada

id kanada,utusan khusus islamofobia,justin trudeau,amira elghawaby,quebec,london,ontario,islamofobia,UU 21,muslim

Utusan khusus anti Islamofobia mulai melakukan tur lintas Kanada

Arsip - Warga berjalan sepanjang 7 km dari tempat kejadian perkara ke mesjid mengenang keluarga Muslim yang dibunuh yang dalam penjelasan polisi sebagai serangan berdasarkan kebencian di London, Ontario, Kanada, Jumat (11/6/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Osorio/hp/cfo (REUTERS/CARLOS OSORIO)

Trenton, Kanada (ANTARA) - Utusan Khusus anti Islamofobia Kanada Amira Elghawaby mengatakan pada Senin ia memilih London, Ontario untuk memulai tur lintas Kanada pertamanya karena satu keluarga Muslim terbunuh di sana akibat kejahatan kebencian.

“Seruan untuk membentuk kantor khusus memerangi Islamofobia datang dari masyarakat Muslim di seluruh Kanada namun yang paling kuat datang dari masyarakat Muslim London,” ujar Elghawaby dalam wawancara dengan CBC Radio.

“Saya tahu saya harus datang ke London,” lanjut dia.

London adalah sebuah kota di barat daya Toronto dengan penduduk 404 ribu jiwa, merupakan tempat terjadinya kejahatan mengerikan pada 6 Juni 2021, ketika seorang pria yang mengendarai truk pikap secara sengaja menabrak keluarga Muslim yang sedang berjalan-jalan pada Minggu malam dan mengakibatkan empat orang tewas serta satu orang terluka.

Elghawaby yang ditunjuk oleh Perdana Menteri Justin Trudeau pada Januari mengatakan dia akan menyerukan hukum Islamofobia dan diskriminasi dimanapun menemukannya.

Dia memulai dengan awal yang sulit ketika diketahui bahwa dia ikut menulis artikel opini surat kabar yang mempermasalahkan UU 21 Quebec, yang melarang sebagian besar pekerja sipil memakai simbol keagamaan saat bekerja. UU kontroversial tersebut secara efektif melarang hijab atau penutup kepala bagi wanita seperti ajaran Islam.

Ia menulis bahwa UU 21 menunjukkan warga Quebec dipengaruhi sentimen anti Muslim.

Atas tulisannya tersebut Elghawaby meminta maaf, namun politisi Quebec meminta pemecatannya hanya beberapa hari setelah ia ditunjuk, namun Trudeau menolaknya sehingga ia tetap berada di posisinya.

Pada Senin, ia mengklarifikasi kedudukannya pada undang-undang Quebec.

“UU 21 mendiskriminasi orang-orang yang memakai simbol keagamaan yang terlihat dan ada dampak tidak sepadan terhadap wanita Muslim yang menggunakan jilbab,” kata dia.

“Seperti yang saya ucapkan dan akan terus saya ucapkan, bahwa hal itu mendiskriminasi; hal itu mendiskriminasi anggota masyarakat Quebec tertentu,” lanjutnya.

Dalam perhentian nya di London, Elghawaby mengatakan wanita-wanita Muslim menyatakan ketakutan mereka sejak pembunuhan pada 2021, ketika sebuah truk pikap meninggalkan jalanan dan menuju trotoar untuk menghancurkan sebuah keluarga.

“Saya bertemu wanita-wanita Muslim yang mengatakan bahwa jika terdengar suara keras saat mereka berjalan di jalanan, mereka merasa ketakutan,” ujar Elghawaby.

Elghawaby mengatakan akan mengunjungi masyarakat di seluruh Kanada dalam beberapa bulan ke depan.


Sumber: Anadolu


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Utusan khusus anti Islamofobia mulai tur lintas Kanada