Sarwono Kusumaatmadja meninggal dunia di Penang

id Sarwono Kusumaatmadja,meninggal dunia

Sarwono Kusumaatmadja meninggal dunia di Penang

Arsip foto - Sarwono Kusumaatmadja, di Jakarta, Rabu (15/12). FOTO ANTARA/Audy Alwi/nz/pri.

Kuala Lumpur (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup pada Kabinet Pembangunan VI Sarwono Kusumaatmadja meninggal dunia di Penang, Malaysia, pada Jumat, pukul 17.12 waktu setempat (jam 16.12 WIB). 

Konsul Jenderal Republik Indonesia Penang Bambang Suharto di Penang mengatakan mantan Menteri Lingkungan Hidup yang masih aktif menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim itu tutup usia di Adventist Hospital, Penang, setelah mulai dirawat di sana sejak 11 Mei lalu karena menderita kanker paru.

Menurut Bambang, rencananya jenazah almarhum akan diterbangkan ke Jakarta pada Sabtu (27/5) siang, dan akan disemayamkan di rumah duka Jalan Belitung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta Pusat. 

Konjen Bambang yang sempat membesuk selama Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Persatuan Nasional itu dirawat di Penang mengatakan seluruh putra dan putri dan keluarganya berada di sana mendampingi Sarwono di saat terakhir.

Ia mengatakan KJRI Penang sedang membantu proses pemulangan jenazah secepatnya, mengurus semua dokumen yang diperlukan dan penerbangan menuju Jakarta.

Sementara menunggu proses pemulangan, ia mengatakan setelah dimandikan nanti, jenazah akan disemayamkan dan dishalatkan di Wisma Indonesia malam nanti bersama staf KJRI dan sejumlah Wargan Negara Indonesia di Penang. 

Konsul Jenderal RI di Penang Bambang Suharto beserta segenap keluarga besar KJRI Penang, serta masyarakat Indonesia di Penang mengucapkan duka cita yang 
mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan. 

Sarwono Kusumaatmadja aktif menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim, yang selalu memberikan pandangan kritisnya pada isu-isu lingkungan hidup di Indonesia.

Lulusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1974 itu juga menjadi salah satu pencetus munculnya forum Pojok Iklim, yang secara rutin menampilkan dialog dari berbagai kalangan di Indonesia untuk menyaring ide dan pemikiran kritis untuk membantu Indonesia mengendalikan emisi gas rumah kaca untuk mengatasi perubahan iklim.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sarwono Kusumaatmadja meninggal dunia di Penang, Malaysia