Presiden doakan semua makhluk dapat hidup berbahagia di Hari Waisak

id Presiden Joko Widodo, Hari Raya Waisak,Waisak 2023

Presiden doakan semua makhluk dapat hidup berbahagia di Hari Waisak

Para biksu dan umat Buddha melakukan prosesi jalan kaki dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur jelang detik-detik Waisak 2567 BE/2023. (ANTARA/Heru Suyitno)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mendoakan semua makhluk dapat hidup berbahagia, khususnya di peringatan Hari Raya Trisuci Waisak 2567, Minggu.

"Kepada saudara-saudaraku Umat Buddha, selamat memperingati Hari Raya Waisak. Semoga semua makhluk hidup berbahagia," ujar Jokowi sebagaimana unggahan dalam media sosial Instagram @jokowi yang dipantau di Jakarta, Minggu.

Dalam akun Instagram Jokowi itu turut diunggah gambar ilustrasi biksu dari berbagai negara yang datang ke Indonesia dengan berjalan kaki guna menuju Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah.

Presiden menyampaikan para biksu ini melakukan ritual Tudhong dari Thailand, Malaysia, Singapura, sampai ke Indonesia dan mendapatkan penerimaan yang hangat dan ramah di
sepanjang jalan.

Adapun pada Minggu hari ini Umat Buddha melakukan arak-arakan berjalan kaki dari Candi Mendut menuju ke Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Minggu, menjelang detik-detik Waisak 2567 BE/2023.

Penganut Buddha membawa api dharma Waisak yang diambil dari daerah Mrapen di Kabupaten Grobogan dan air berkah Waisak yang diambil dari Umbul Jumprit di Kabupaten Temanggung.

Api dharma dan air berkah Waisak telah disakralkan dalam puja bakti yang dilaksanakan oleh para biksu dan umat Buddha di Candi Mendut.

Ketua Umum DPP Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) S. Hartati Murdaya mengemukakan bahwa api merupakan sumber energi besar bagi kehidupan dan air melambangkan kerendahan hati, kesucian, dan ketenangan.

Arak-arakan penganut Buddha dari Candi Mendut menuju ke Candi Borobudur meliputi pembawa Bendera Merah Putih dan pembawa hasil bumi berupa padi, sayuran, dan buah-buahan.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden Jokowi doakan semua makhluk hidup berbahagia di Hari Waisak