Ratusan WNI sambut Presiden Joko Widodo di Kuala Lumpur

id kunjungan Presiden Jokowi ke Malaysia, lawatan Presiden Jokowi,Jokowi bertemu Anwar Ibrahim

Ratusan WNI sambut Presiden Joko Widodo di Kuala Lumpur

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menemui pelajar dan Warga Negara Indonesia yang menyambutnya di Kuala Lumpur, Rabu (7/6/2023). (ANTARA/Virna P Setyorini)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Ratusan murid dan Warga Negara Indonesia (WNI) di Kuala Lumpur pada Rabu sore menyambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melakukan lawatan ke Malaysia selama dua hari pada 7-8 Juni 2023.

Mugiono, pekerja migran Indonesia (PMI) asal Unit II Tulang Bawang, Lampung, yang sudah bekerja di Malaysia selama 23 tahun mengaku sengaja datang dari Selangor ke Kuala Lumpur untuk bertemu Presiden Jokowi.

“Saya ngefans. Ngefans banget sama Pak Jokowi,” kata Mugiono.

Ia mengaku datang bersama tiga PMI lain yang juga bekerja di sektor konstruksi. Mereka menghabiskan waktu sekitar dua jam untuk sampai ke lokasi.

Sebagai PMI, Mugiono mengatakan dirinya merasakan perbedaan pada masa pemerintahan Jokowi. Hal yang paling dirasa oleh dia yakni ketika tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta tidak ada lagi yang “memaksa” diantarkan ke tempat tujuan.

Ia berharap kehadiran Presiden ke Malaysia kali ini memberikan perubahan berupa kemudahan bagi PMI seperti dirinya, khususnya dalam memperoleh permit atau izin kerja.

Selain itu, murid kelas tujuh Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Bryan Utama Rasyad mengaku senang bisa bertemu dan berjabat tangan dengan Presiden Jokowi. Dia mengatakan seperti mendapat durian runtuh ketika bisa bersalaman dengan presiden.

“Bryan sempat ‘salim’ sama Pak Jokowi, memang ngefans sama Presiden Jokowi, kak,” kata teman-teman Bryan kompak menjawab ANTARA.

Dia pun menunjukkan video Presiden yang berhasil direkamnya sore itu.

Kehadiran seratusan murid dan guru SIKL yang membawa bendera Merah Putih dan bendera Malaysia semakin semarak dengan kehadiran hingga 25 kaum ibu yang merupakan anggota dari Sholawat Al-Fattah PCI NU Ranting Jalan Kebun, Syah Alam, Syeksien 30.

Lengkap dengan rebana, sepiker, dan mik, mereka semangat bershalawat hingga menyanyikan lagu-lagu nasional bersama murid dan WNI yang sejak siang menunggu kehadiran Presiden Jokowi di depan lobi Hotel Grand Hyatt Kuala Lumpur.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur Muhammad Firdaus sempat ikut bernyanyi bersama mereka.

Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 16.53 waktu setempat dan menemui murid-murid serta WNI yang antusias menyambutnya.

Presiden akan membahas isu terkait perbatasan, perlindungan pekerja migran Indonesia, dan isu-isu penting lainnya dalam kunjungan kerjanya ke Malaysia.

Ia bertolak ke Malaysia pada Rabu siang dari Singapura setelah menjadi pembicara di Ecosperity Week.

Di Malaysia, Presiden akan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Anwar Ibrahim dan Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah.

Kunjungan Jokowi ke Malaysia juga merupakan kunjungan balasan dari kedatangan PM Anwar Ibrahim ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Indonesia pada 9 Januari 2023.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ratusan murid dan WNI sambut Presiden Jokowi di Kuala Lumpur