ANTARA-BERNAMA komitmen eratkan kerja sama kantor berita se-ASEAN

id ANTARA-BERNAMA,kantor berita

ANTARA-BERNAMA komitmen eratkan kerja sama kantor berita se-ASEAN

Suasana pertemuan daring ANTARA dan BERNAMA membahas upaya mempererat kerja sama kantor berita se-ASEAN yang dilakukan secara daring dari Jakarta, Kamis (30/8/2023). (ANTARA/Perum LKBN ANTARA)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA dan Kantor Berita Malaysia BERNAMA berkomitmen untuk semakin mengeratkan kerja sama kantor berita se-ASEAN.

Direktur Pemberitaan (Dirpem) Perum LKBN ANTARA Irfan Junaidi dalam pertemuan dengan jajaran BERNAMA secara daring di Jakarta, Kamis, mengatakan ANTARA dan BERNAMA bukan orang lain, sudah lama bersinergi dan bekerja sama, sehingga menjadi tanggung jawab bersama untuk merawat kerja sama yang sudah ada tersebut menjadi lebih erat.

Menurut dia, rancangan kerja sama yang bisa didukung bersama dalam waktu dekat ini adalah menyukseskan pemberitaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang akan berlangsung di Jakarta pada 5-7 September 2023 nanti.

Sebuah Diskusi Meja Bundar Virtual yang fokus untuk pembahasan “Meningkatkan Kerja sama Regional” di antara kantor berita di kawasan Asia Tenggara yang akan digelar pada Jumat (1/9) mendatang, akan menjadi awal upaya mempererat kerja sama tersebut.

Dari pertemuan tersebut harapannya dapat mengerucut pada kesepahaman untuk membangun sebuah ASEAN Newsroom bersama yang mampu mendukung dan mendorong agenda negara-negara di kawasan Asia Tenggara dalam upaya mengangkat nama ASEAN di kancah dunia dan mewujudkan “ASEAN Epicentrum of Growth”.

Dalam kesempatan yang sama, Irfan juga mengharapkan kedua kantor berita itu dapat semakin memperluas kerja sama yang sudah lama terbangun, tidak hanya dari sisi konten berita tetapi juga hingga ke aspek komersial, sehingga pada akhirnya dapat saling menguatkan satu sama lain.

Wakil Pemimpin Redaksi BERNAMA untuk Layanan Berita Nurul Afida Kamaludin menyampaikan dukungan BERNAMA untuk mewujudkan ASEAN Newsroom tersebut. "Ini rencana besar. Semoga sukses".

Menurut dia, sudah tiba waktunya untuk merealisasikan rencana tersebut. Perbincangan untuk membuat sebuah newsroom bersama sudah kerap dilakukan, namun belum berhasil dilaksanakan.

Pada kesempatan yang sama ia juga menyampaikan keinginan untuk memperkuat kerja sama dua kantor berita, termasuk memperbanyak pertukaran konten berita untuk radio dan TV digital, baik yang menarik bagi rakyat di kedua negara, maupun yang bernilai komersial.

Hadir dalam pertemuan virtual tersebut Redaktur Pelaksana Perum LKBN ANTARA untuk Layanan Berita Nasional Sapto Heru, Redaktur Pelaksana Perum LKBN ANTARA untuk Layanan Penyiaran Teguh Priyanto, Redaktur Pelaksana Perum LKBN ANTARA untuk Layanan Berita Internasional Gusti Nur Cahya, Sekretaris Perusahaan Perum LKBN ANTARA Azhari, dan Kepala Biro Perum LKBN ANTARA untuk Malaysia Virna Puspa Setyorini.

Sedangkan dari BERNAMA turut hadir Wakil Pemimpin Redaksi BERNAMA untuk Layanan Berita Ekonomi Arul Rajoo, Kepala Penyiaran TV BERNAMA Mohd Shukri Ishak, Kepala Rencana Strategis BERNAMA Shahrizad, Kepala Komunikasi Perusahaan BERNAMA Mariati, Kepala Penyiaran Radio BERNAMA Aslan Idris, Redaktur senior Berita Internasional BERNAMA Paul Ravi, serta Kepala Biro BERNAMA untuk Indonesia Mohd Iswandi Kasan Anwar.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ANTARA dan BERNAMA komitmen eratkan kerja sama kantor berita se-ASEAN