Muhammadiyah ungkap tiga dimensi cinta yang dibawa ke Malaysia

id PRIM dan PRIA Klang Lama,Tabligh Akbar,Muhammadiyah Malaysia

Muhammadiyah ungkap tiga dimensi cinta yang dibawa ke Malaysia

Tangkapan layar Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Sukadiono dalam kegiatan Tabligh Akbar di Klang Lama, Kuala Lumpur, Minggu (24/9/2023). (ANTARA/Virna P Setyorini)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Warga Muhammadiyah membawa tiga dimensi cinta ke Malaysia, salah satunya hasrat yang menghidupkan semangat selama di Negeri Jiran, kata  Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Sukadiono.

"Bapak dan ibu membuktikan, meski di Malaysia, tetapi kan cinta Muhammadiyah. Maka dimensi semangat itu ditunjukkan dengan mengembangkan perserikatan Muhammadiyah dan Aisyiyah di Malaysia," kata Sukadiono pada tablig akbar seperti disebutkan   dalam  keterangan tertulisnya di Kuala Lumpur.

Pada acara yang juga mengukuhkan pengurus baru Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRIM) dan Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRIA) Klang Lama itu,  Sukadiono menyebutkan dimensi hasrat itu membuat warga Muhammadiyah di Malaysia bersemangat melakukan apa saja yang dicintainya.

Ia memperkirakan hal sama terjadi pada warga Nahdlatul Ulama  di Malaysia sampai mengembangkan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) di Malaysia.

Dimensi kedua adalah kedekatan atau intimacy yang meski berada jauh di Malaysia tetapi tetap dekat dengan Muhammadiyah di Indonesia, kata dia. Dimensi ini pula yang membuat  Sukadiono merasa perlu datang ke Malaysia.

Bagi dia, mengamalkan amar makruf nahi mungkar di mana pun adalah keharusan, yang dibuktikan dengan berdirinya PCIM dan PCIA di berbagai negara.

Sukadiono kemudian menyebutkan  dimensi cinta ketiga, yakni  komitmen, yang disebutnya muncul karena sudah jatuh cinta dan terasa dekat.

Dalam tablig akbar itu, Ketua PCIM Malaysia Muhammad Ali Imran mengungkapkan ada 10 PRIM dan 5 PRIA di Malaysia yang  kebanyakan berada di kawasan Lembah Klang dan Selangor.

Mayoritas pendiri ranting adalah dari Lamongan, Gresik, Tuban, dan Bojonegoro. "Jadi wajar jika ada cara besar di sini mereka tidak puas kalau tidak mengundang pimpinan dari Jawa Timur," kata Muhammad.

Acara itu juga dihadiri Koordinator Fungsi Pensosbud Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Yossy Iskandar.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Muhammadiyah ungkap tiga dimensi cinta untuk Malaysia