Kampanye perdana pasangan calon presiden-wakil presiden

id Anies Baswedan,Muhaimin Iskandar,Prabowo Subianto,Gibran Rakabuming Raka,Ganjar Pranowo,Mahfud MD,Pemilu 2024,Pilpres 20

Kampanye perdana pasangan calon presiden-wakil presiden

Tangkapan layar - Desain surat suara Pilpres 2024. (ANTARA/Donny Aditra)

Jakarta (ANTARA) - Agenda perdana kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 oleh 3 pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-wapres) dimulai pada Selasa (28/11).

Ketiga pasangan capres-cawapres itu adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang menjalani kampanye sesuai jadwal yang telah disiapkan.

Adapun jadwal dan aturan kampanye telah diatur secara detail dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu. Berdasarkan beleid tersebut, kampanye pemilu merupakan kegiatan peserta pemilu atau pihak lain yang ditunjuk peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi, misi, program dan/atau citra diri peserta pemilu.

Pelaksana kampanye pemilu adalah peserta pemilu dan pihak yang ditunjuk oleh peserta pemilu untuk melakukan kegiatan kampanye pemilu. Masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pasangan Anies-Cak Imin

Anies Baswedan memulai hari pertama kampanye sesuai jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan meminta doa restu ke ibunya, yakni Aliyah Rasyid Baswedan di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta, Selasa. Selain ke orang tuanya, dia meminta doa kepada mertua dan anak-anaknya.

Anies sempat menemui para tetangga yang menjadi relawan pemenangan di kediamannya. Para relawan itu menggunakan kaus berwarna putih bertuliskan huruf "SB" berwarna biru dan merah.

Pukul 08.15 WIB, Anies langsung bergerak menuju Kampung Tanah Merah di Jakarta Utara sebagai titik awal di hari pertama tahapan kampanye Pemilihan Presiden 2024 karena mengikuti jejaknya saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

Menurut dia, kampung tersebut memiliki sejarah kedekatan dengannya secara emosional. Dia mengatakan warga di kampung itu yang pertama meminta dirinya maju sebagai calon gubernur di tahun 2016.