Hari kelima kampanye Pilpres 2024

id Round up,pemilu 2024,pilpres 2024,kampanye hari kelima,anies muhaimin,prabowo gibran,ganjar mahfud

Hari kelima kampanye Pilpres 2024

Calon Presiden RI Anies Baswedan berswafoto bersama sukarelawan seusai kampanye di GOR Gondrong, Cipondoh, Kota Tangerang, Sabtu (2/12/2023). ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/aww.

Jakarta (ANTARA) - Pada hari Sabtu (2/12) merupakan hari kelima masa kampanye oleh ketiga peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Pada hari Sabtu, yang notabene merupakan akhir pekan, kegiatan kampanye ketiga pasangan tersebut berada di lokasi yang berbeda-beda. Bahkan, capres dan cawapres yang masih satu pasangan pun berkampanye di tempat yang terpisah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sebelum pemungutan suara pada hari Rabu, 14 Februari, masa tenang selama 3 hari, 11—13 Februari 2024

Berikut rangkuman kegiatan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari kelima kampanye:

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Anies Baswedan sebagai capres nomor urut 1 mengawali kampanye pada hari kelima dengan menghadiri Konferensi Kebijakan Luar Negeri Indonesia (CIFP) 2023 di Jakarta.

Dalam kegiatan tersebut, Anies menjadi pembicara. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa kebijakan luar negeri Indonesia ke depan harus kreatif untuk memenuhi banyak kepentingan.

Dalam konteks membangun hubungan internasional, menurut dia, Pemerintah harus menjalin kedekatan kepada semua pihak, seperti Uni Eropa (EU) dan Tiongkok.

Berbagai kepentingan terkait dengan ekonomi, pendidikan, lingkungan, dan teknologi, lanjut dia, juga harus bisa terpenuhi.

Anies melanjutkan kegiatan ke Kabupaten Tangerang, Banten, untuk menjumpai nelayan di Kecamatan Tronjo.

Dalam kesempatan itu, dia berjanji akan memperbaiki tata niaga perikanan jika terpilih menjadi presiden dalam Pilpres 2024 karena Indonesia memiliki potensi yang besar pada sektor tersebut.

Yang terakhir, Anies menghadiri Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) III Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta, Sabtu (2/12) malam.

Sementara itu, Muhaimin melaksanakan kampanye di Pasar Pagi Arengka, Jalan Soekarno Hatta, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Dalam kunjungannya itu, pria yang akrab disapa Cak Imin itu menerima keluhan dari para pedagang terkait dengan kenaikan harga-harga bahan pokok. Kenaikan harga tersebut diakui pedagang berdampak pada jumlah konsumen yang menurun.

Usai menyapa para pedagang, Muhaimin menuju ke Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) untuk menyampaikan kuliah umum.


 
Calon Presiden RI Prabowo Subianto (keenam kanan) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kelima kiri) berfoto bersama para santri saat kampanye perdana di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (2/12/2023). ANTARA/HO-Partai Demokrat


Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming

Pada hari kelima, Prabowo baru memulai kegiatan kampanyenya dengan mengunjungi Pondok Pesantren Miftahul Huda, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, dia sempat berbincang sekaligus memberikan koin kepada salah seorang santri. Setelah itu, Prabowo makan siang bersama 7.000 santri di Ponpes Miftahul Huda.

Capres dengan nomor urut 2 itu berharap agar pesantren bisa menjadi pusat pendidikan agama yang berkualitas untuk membentuk akhlak anak-anak bangsa.

Selanjutnya Prabowo juga menghadiri kegiatan konsolidasi dengan masyarakat serta para tokoh agama di Tasikmalaya.

Prabowo dalam kesempatan itu menekankan pentingnya memanfaatkan kekayaan negara untuk bisa dinikmati masyarakat.

Menteri Pertahanan itu mengatakan bahwa presiden-presiden sebelumnya sudah membangun fondasi yang kuat untuk perekonomian bangsa dan dirinya berkomitmen untuk melanjutkan hal tersebut.

Pada hari itu Prabowo melanjutkan kegiatan dengan menghadiri Musyawarah Kerja Nasional III Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta.

Di tempat yang terpisah, Cawapres Gibran Rakabuming Raka pun melakukan kampanye dengan mengunjungi tokoh agama di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Dalam kunjungannya ke Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sragen, Gibran meminta restu dan doa untuk bisa memenangi Pilpres 2024.


 

Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md

Berbeda dengan dua capres lainnya, Ganjar Pranowo melaksanakan kampanye pada hari kelima di luar Pulau Jawa, yakni di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Di daerah tersebut, Ganjar mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno. Ganjar pun sempat melihat-lihat berbagai peninggalan di rumah pengasingan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, mantan Gubernur Jawa Tengah ini berpesan kepada masyarakat untuk menghargai dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Menurut dia, menghayati kelahiran Pancasila bukanlah proses yang mudah sebab proses tersebut dapat terwujud dengan semangat dan nasionalisme tinggi melalui perjuangan pendiri bangsa.

Setelah ke Ende, capres nomor urut 3 itu mengunjungi Desa Lekunik, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. Dia kagum dengan tradisi Hus yang ada di desa tersebut.

Tradisi Hus adalah praktik budaya yang telah lama dan turun-temurun dilakukan oleh masyarakat Rote. Sekilas tradisi ini seperti pacuan kuda,. Namun, sebenarnya lebih pada tarian berkuda karena kaum lelaki menunggang kuda secara massal.

Sementara itu, Mahfud Md. melaksanakan kegiatan kampanye di hari kelima di daerah Jawa Timur, di antaranya ke daerah Sidoarjo dan Trenggalek.

Di Trenggalek, Mahfud mendapatkan dukungan dari Kiai Santri Bersama Mahfud (KSBM) Mataraman, berdasarkan keterangan tertulis dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Menkopolhukam itu juga menghadiri kegiatan Selawat Persatuan Indonesia di Sidoarjo. Pada kegiatan itu, Mahfud berjanji akan memperhatikan kesejahteraan guru ngaji, guru agama, dan marbut masjid.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Round up - Hari kelima kampanye Pilpres 2024