Konjen RI Johor Bahru sampaikan capaian di Resepsi HUT ke-78 Kemerdekaan RI

id KJRI Johor Bahru,Resepsi HUT Kemerdekaan RI,Malaysia

Konjen RI Johor Bahru sampaikan capaian di Resepsi HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Konsul Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru Sigit S Widiyanto (kedua kanan) bersalaman dengan Menteri Besar Johor Dato’ Onn Hafiz Ghazi (kedua kiri) pada Resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI di Johor Bahru, Malaysia, Kamis (29/11/2023). (ANTARA/HO-KJRI Johor Bahru)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) Sigit S Widiyanto menyampaikan capaian ekonomi hingga sosial budaya dalam Resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI di Johor Bahru, Malaysia.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru di Malaysia mengadakan Resepsi dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI pada Kamis (29/11) lalu.

Konjen RI Johor Bahru Sigit S Widiyanto dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Kuala Lumpur, Minggu, mengatakan dalam kegiatan itu dirinya telah menyampaikan capaian bidang ekonomi dengan nilai ekspor RI sebesar 21 miliar ringgit Malaysia (RM) atau sekitar Rp69,35 triliun. Sedangkan nilai impor RM18,5 miliar atau sekitar Rp61,1 triliun di empat negara bagian, sepanjang bulan Januari hingga September 2023.

“Dan diharapkan nilai tersebut akan meningkat karena pada bulan September 2023 dibentuk Jobatbiz atau ‘Johor-Batam-Bussiness’ yang merupakan ‘joint force’ dari Kerajaan Johor, Batam dan KJRI Johor Bahru dengan tugas untuk meningkatkan hubungan ekonomi,” ujar Sigit.

Konjen Sigit mengatakan dalam Pertemuan Tingkat Menteri Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) ke-29 di Batam pada September lalu, juga menyepakati usulan pembukaan jalur kapal "Roll n Roll off" Batam dan Johor Bahru, yang akan meningkatkan perdagangan sekaligus membuka konektivitas darat Indonesia-Malaysia yang akan meningkatkan pariwisata dan people to people contact.

Sedangkan di bidang sosial dan budaya, Sigit mengatakan bahwa kerja sama yang terjalin sudah terlaksana dengan baik.

Pada Juni 2023, ia mengatakan KJRI Johor Bahru bekerja sama dengan Yayasan Warisan Johor menyelenggarakan kegiatan silang budaya dengan tajuk “Wonderful Nusantara Festival”.

Pengisi kegiatan tersebut merupakan anak-anak sekolah kedua negara yang berlatih bersama-sama untuk menampilkan sebuah pertunjukan budaya. Kegiatan tersebut, menurut dia, merupakan wujud nyata kuat dan eratnya hubungan budaya antara Indonesia dan Malaysia.

Resepsi HUT Kemerdekaan RI kali ini dihadiri lebih dari 250 tamu undangan dari empat negara bagian (Negeri) yang menjadi wilayah kerja KJRI Johor Bahru, yakni Johor, Melaka, Negeri Sembilan dan Pahang. Konjen RI Sigit dan Menteri Besar Johor Dato’ Onn Hafiz Ghazi sempat melakukan keruk tumpeng bareng.

Tari Ki Lengser dari Sunda menjadi tari menyambut dan mengiringi kehadiran Menteri Besar Johor Bahru serta istri dalam Resepsi HUT Kemerdekaan RI tersebut. Pertunjukan tari memeriahkan kegiatan tersebut, termasuk Tari Zapin dari Malaysia yang pentaskan di sana.

Selain itu, ada pula pemutaran video pengenalan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang menjadi Ibu Kota Negara yang baru, terletak di Kalimantan Timur.

Acara, menurut dia, berlangsung dengan meriah, lancar dan penuh kehangatan.

Sementara itu, selain mengucapkan selamat HUT RI, Menteri Besar Johor Dato’ Onn Hafiz Ghazi dalam acara tersebut mengatakan berharap kerja sama Singapura, Johor dan Kepulauan Riau dapat dihidupkan kembali.

Ia juga mengatakan Johor akan menjadi tuan rumah pertemuan IMT-GT 2024.

Selain Menteri Besar Johor Bahru yang didampingi istrinya Datin Sharmin Fazlina Mohd Shukor, hadir pula dalam Resepsi HUT ke-78 Kemerdekaan RI yaitu Sekretaris Pemerintahan Negeri Johor Tan Sri Dato’ Dr Azmi Bin Rohani dan istri.

Sejumlah perwakilan dari masing-masing counterpart, seperti Imigresen Malaysia, Kantor Kepolisian, Departemen Tenaga Kerja, Departemen Pabean, Universitas di Wilayah Kerja KJRI Johor Bahru, Yayasan Warisan Johor Bahru, media setempat.



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Konjen RI Johor Bahru sampaikan capaian di Resepsi HUT Kemerdekaan RI