Gempa berkekuatan 5,1 magnitudo mengguncang Karatung Sulawesi Utara

id gempa, tektonik, pulau karatung, talaud, sulawesi utara, bmkg

Gempa berkekuatan 5,1 magnitudo mengguncang Karatung Sulawesi Utara

Peta lokasi gempa berkekuatan 5,1 magnitudo di Pulau Karatung, Talaud, Sulawesi Utara, Senin (18/3/2024) pagi. (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa berkekuatan 5,1 magnitudo di Pulau Karatung, Talaud, Sulawesi Utara, Senin, sekitar pukul 06.41 WIB.

Dalam peringatan dini melalui sistem aplikasi infoBMKG yang dipantau di Jakarta, Senin, menginformasikan titik koordinat gempa berada di koordinat 4,90 Lintang Utara (LU), 127,33 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 107 kilometer.

Sedangkan pusat gempa berada di laut 31 kilometer sebelah Timur Laut Pulau Karatung, Sulawesi Utara.

Namun, BMKG belum melaporkan secara rinci terkait dengan pemicu dan dampak yang ditimbulkan gempa tersebut terhadap masyarakat, termasuk berpotensi tsunami atau tidak.

Kendati demikian, masyarakat diimbau supaya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh resmi dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisa resmi tersebut biasa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, pelbagai akun media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gempa berkekuatan 5,1 magnitudo terjadi di Karatung Sulawesi Utara