Kualifikasi Piala Dunia 2026, Erick minta tetap fokus untuk laga berikutnya

id Erick Thohir PSSI ,Ketua Umum PSSI ,Indonesia vs Vietnam,Kualifikasi Piala Dunia 2026,Piala dunia 2026

Kualifikasi Piala Dunia 2026, Erick minta tetap fokus untuk laga berikutnya

Arsip - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjawab pertanyaan para pewarta setelah menyaksikan pertandingan ujicoba timnas U-20 melawan China di Stadion Madya, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (22/3/2024). (ANTARA/RAUF ADIPATI)

Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, mengatakan bahwa tim nasional harus tetap fokus untuk menghadapi laga selanjutnya, meski menang 3-0 melawan Vietnam dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.
 
Ia menekankan, penggawa timnas harus tetap tenang dan fokus agar bisa lolos tahap berikutnya, walaupun kemenangan hari ini, Selasa, di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam merupakan pertama kalinya setelah yang terakhir pada 2004.
 
"Terakhir Indonesia menang di Vietnam itu saat Piala AFF yang namanya masih Piala Tiger pada 2004. Ini menjadi bukti perubahan baik dari sisi kualitas dan mental bertanding yang mengalami peningkatan signifikan," kata Erick dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta.
 
Erick mengaku bangga dengan perjuangan Timnas Indonesia.
 
Menurut dia, penampilan Rizky Ridho dan lainnya harus diapresiasi, karena mampu melumat Vietnam melalui gol dari Jay Idzes pada menit ke-9, Ragnar Oratmangoen menit ke-23, dan Ramadhan Sananta di pengujung laga pada menit ke-98 dalam kualifikasi Piala Dunia zona Asia di Grup F.
 
Pria yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menyampaikan, kemenangan skuad Garuda tersebut bukan sekadar meraih tiga poin semata.
 
 
 
Kemenangan itu, lanjut dia, juga menjadi titik kebangkitan timnas untuk pertandingan internasional, saat berhasil menang di kandang Vietnam setelah 20 tahun.
 
Erick memuji mental bertarung para penggawa Garuda yang tak gentar bermain di kandang lawan. Meski begitu, ia mengingatkan bahwa perjuangan Indonesia belum selesai.
 
"Semua tetap fokus untuk menghadapi dua pertandingan selanjutnya di bulan Juni, guna lolos ke babak berikutnya," ujar mantan Presiden Klub Inter Milan itu.
 
Erick menambahkan, kemenangan pada hari ini membuka peluang besar bagi timnas untuk lolos ke putaran 3 Pra Piala Dunia 2026 Zona AFC dan otomatis tampil di AFC Asian Cup 2027 tanpa melalui kualifikasi.
 
Lebih lanjut dia menambahkan, timnas kini berada di peringkat kedua dengan tujuh poin atau unggul empat poin dari Vietnam.
 
Indonesia hanya cukup meraih satu kemenangan dari dua laga terakhir saat menjamu Irak dan Filipina di Jakarta.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kualifikasi Piala Dunia 2026, Erick: Tetap fokus untuk laga berikutnya