Prabowo lanjutkan lawatan ke Malaysia setelah dari China dan Jepang

id lawatan Prabowo,Prabowo ke Malaysia,Prabowo PM Anwar,PM Anwar Ibrahim,Prabowo Subianto,Menhan Prabowo Subianto,calon pre

Prabowo lanjutkan lawatan ke Malaysia setelah dari China dan Jepang

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan Menteri Pertahanan Malaysia Mohamed Khaled Nordin dalam acara penyambutan kedatangan Menhan RI di Pangkalan Udara Subang, Shah Alam, Selangor, Malaysia, Rabu (3/4/2024). ANTARA/HO-Biro Humas Setjen Kemhan RI.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melanjutkan lawatan ke Malaysia selepas menyambangi China pada Minggu (31/3) dan Jepang (3/4) untuk bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di Kuala Lumpur, Kamis.

Malaysia menjadi negara ketiga yang dikunjungi Prabowo dalam rangkaian lawatan luar negerinya sejak dia ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai calon presiden terpilih pada 20 Maret 2024.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha dalam siaran resminya di Jakarta, Kamis, menyampaikan Prabowo dan rombongan tiba di Pangkalan Udara Subang, Shah Alam, Selangor, Malaysia pada Rabu malam.

Di apron pangkalan udara itu, kedatangan Prabowo disambut Menteri Pertahanan Malaysia Datuk Seri Mohamed Khaled Nordin dan Atase Pertahanan RI di Kuala Lumpur Brigjen TNI Winarno.

“Pertemuan kedua negara ini didasarkan pada keinginan untuk memperkuat hubungan diplomatik serta rasa optimisme bahwa kerja sama pertahanan Indonesia dan Malaysia akan semakin signifikan di masa yang akan datang,” kata Edwin menjelaskan tujuan lawatan Prabowo ke Malaysia saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Di Malaysia, Prabowo turut didampingi beberapa pejabat dari TNI dan Kemhan RI serta DPR RI, di antaranya Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sugiono, Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI Letjen TNI Yudi Abrimantyo, dan Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan RI Marsekal Muda TNI Yusuf Jauhari.

Prabowo memulai rangkaian lawatannya ke tiga negara, yaitu China, Jepang, dan Malaysia untuk bertemu tidak hanya sesama menteri pertahanan, tetapi juga kepala negara dan kepala pemerintahan masing-masing negara.

Di China, Prabowo bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri China Li Qiang, dan Menteri Pertahanan China Laksamana Dong Jun. Pertemuan dengan ketiga petinggi China itu berlangsung di Beijing.

Kemudian di Jepang, Prabowo bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida dan Menteri Pertahanan Minoru Kihara.

Prabowo menemui PM Kishida dan Menhan Kihara masing-masing di Kantor Perdana Menteri Jepang dan Kantor Kementerian Pertahanan Jepang yang keduanya berada di Tokyo.

Dalam pertemuan itu, China dan Jepang kompak menyampaikan sikap mereka untuk terus meningkatkan kerja sama dan memelihara hubungan baik dengan Indonesia yang telah terjalin cukup lama.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Prabowo lanjutkan lawatan ke Malaysia setelah China dan Jepang