Kota Lama Semarang tarik wisatawan saat libur Lebaran

id Kota lama, kota lama Semarang, kawasan kota lama, objek wisata kota lama, cagar budaya, objek wisata kota Semarang, libu

Kota Lama Semarang tarik wisatawan saat libur Lebaran

Jalan Letjen Suprapto di kawasan Kota Lama Semarang ditutup untuk kendaraan bermotor, Sabtu (13/4/2024). (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

Semarang (ANTARA) - Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah. yang menjadi salah satu daya tarik objek wisata andalan Kota Atlas, Sabtu malam, dipadati wisatawan bertepatan dengan libur Lebaran 1445 Hijriah.

Kepadatan kendaraan sudah terlihat saat akan memasuki kawasan yang sarat dengan bangunan cagar budaya itu, seperti di Jalan Ronggowarsito dan Jalan Pengapon.

Apalagi, kawasan Kota Lama di Jalan Letjen Suprapto tidak bisa dilewati kendaraan bermotor karena hanya diperuntukkan untuk pejalan kaki, mulai dari persimpangan Sayangan hingga Jembatan Sungai Berok.

Parkir kendaraan juga tampak hingga luar kawasan Kota Lama Semarang dengan dominasi mobil-mobil berplat nomor luar Kota Semarang, seperti plat B, D, E, A, L, AB, dan AD.

"Seneng aja ke sini (Kota Lama, red.), sudah beberapa kali ke sini. Kebetulan, lagi mudik jadi sekalian aja ke Kota Lama," kata Adi (41), wisatawan asal Solo, Jawa Tengah.

Karyawan swasta di Jakarta itu bersyukur libur Lebaran tahun ini cukup panjang sehingga bisa menikmati suasana mudik dengan berwisata bersama keluarga besarnya.

"Di Jakarta ada juga kayak gini, Kota Tua. Hampir sama sih. Bagus banyak bangunan kunonya, saya suka makanya jalan-jalan ke sini," katanya.

Senada, Tia (32) wisatawan asal Surabaya mengatakan bahwa Kota Semarang memiliki banyak destinasi wisata yang bagus, salah satunya Kota Lama.

"Kebetulan saya memang suka 'traveling'. Beberapa kali ke sini (Kota Lama, red.), tapi enggak bosen. Pengen ke sini lagi. Nanti mau kulineran ke Pecinan juga," katanya.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang menyebutkan jumlah kunjungan wisata ke Ibu kota Jawa Tengah mengalami peningkatan 32 persen hingga hari ketiga libur Lebaran 2024.

"Jumlah kunjungan wisata ke Kota Semarang sampai kemarin mencapai 162 ribu. Hari ini data belum masuk, namun kalau dihitung periode sama dibanding tahun lalu naik 32 persen," kata Sub Koordinator Informasi Budaya dan Pariwisata Disbudpar Kota Semarang Agus Kariswanto.

Diakuinya, salah satu destinasi wisata jujugan adalah kawasan Kota Lama Semarang yang saat ini masih menjadi andalan dan paling sering dikunjungi wisatawan.

"Paling favorit itu destinasi Kota Lama Semarang. Kemudian ada Pantai Marina dan Museum Lawang Sewu," sebut Karis.

Destinasi wisata lain, seperti Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang Zoo, Goa Kreo, juga turut mengalami peningkatan pengunjung seiring dengan libur Lebaran.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kota Lama Semarang dipadati wisatawan saat libur Lebaran