ASEAN Future Forum membahas keamanan komprehensif bagi masyarakat

id AFF 2024,ASEAN,ASEAN Future Forum 2024,keamanan masyarakat ASEAN

ASEAN Future Forum membahas keamanan komprehensif bagi masyarakat

Logo Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) (ANTARA/HO-Sekretariat ASEAN)

Hanoi (ANTARA) - ASEAN Future Forum 2024 (AFF 2024) memasuki sesi pleno kedua di Hanoi pada Selasa yang membahas cara-cara untuk memastikan keamanan komprehensif bagi Komunitas ASEAN yang berpusat pada masyarakat.

Kantor Berita Vietnam, VNA, menyampaikan bahwa sesi tersebut membahas pendekatan komprehensif blok tersebut untuk memastikan keamanan regional dengan mempertimbangkan semua aspek sosial-ekonomi dan lingkungan.

Para peserta bertukar gagasan dan mengusulkan arahan untuk membantu ASEAN berkontribusi lebih efektif dalam mengatasi tantangan global dan menegaskan peran dan kontribusi terhadap perdamaian dan keamanan regional dan global.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang menjadi pembicara menekankan perlunya membangun komunitas yang kuat dan tangguh serta mempertahankan peran sentralnya dalam menjawab tantangan.

Menurutnya, ASEAN perlu meningkatkan solidaritas yang lebih besar untuk memastikan perdamaian, kerja sama, dan pembangunan di kawasan Indo-Pasifik dengan dialog dan negosiasi yang saling menguntungkan harus diutamakan.

Retno juga menyoroti pentingnya mematuhi dan menerapkan hukum internasional serta tata kelola digital dan keterampilan digital bagi masyarakat di era baru.

Dalam pesan yang direkam sebelumnya, Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar menegaskan bahwa India mendukung ASEAN yang bersatu, sentralitas ASEAN, dan visinya untuk kawasan Indo-Pasifik.

Ia juga menyatakan keyakinannya bahwa ASEAN yang bersatu dan kuat akan memainkan peran konstruktif dalam membentuk arsitektur regional baru yang muncul di kawasan ini.

AFF 2024 yang mengusung tema “Menuju Pertumbuhan yang Cepat dan Berkelanjutan dari Komunitas ASEAN yang Berpusat pada Masyarakat” merupakan inisiatif penting yang diusulkan oleh Perdana Menteri Pham Minh Chinh pada KTT ASEAN ke-43 September lalu.

Forum tersebut merupakan gagasan baru Vietnam yang bertujuan untuk menciptakan platform bersama bagi negara-negara anggota ASEAN serta negara-negara mitra untuk berkontribusi dalam mendorong dan membentuk jalur pembangunan di kawasan tersebut.

Sumber : VNA



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ASEAN Future Forum bahas keamanan komprehensif bagi masyarakat