Menaker RI, Menteri Sumber Manusia Malaysia bertemu bahas pembaharuan MoU

id Tki,Pekerja migran,Pmi,Malaysia,menaker

Menaker RI, Menteri Sumber Manusia Malaysia bertemu bahas pembaharuan MoU

Menaker Ida Fauziyah (kanan) berbincang dengan Menteri Sumber Manusia Malaysia yang baru Sim Chee Keong dalam pertemuan di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (28/4). (ANTARA/HO-Kemnaker)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah melakukan pertemuan dengan Menteri Sumber Manusia Malaysia Sim Chee Keong menyampaikan harapan kerja sama ketenagakerjaan termasuk sepakat melakukan pembaharuan MoU perlindungan dan penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sektor formal 2004. 

Menurut keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu, kedua belah pihak juga sepakat untuk melakukan pembaharuan MoU tentang pelindungan dan penempatan PMI sektor formal tahun 2004. Hal tersebut mengingat MoU tersebut sudah cukup lama usianya dan perlu dilakukan tinjauan agar sesuai dengan kondisi dan perkembangan saat ini.

"Kami sangat berterima kasih sudah bertemu dan bertukar informasi terkait pengembangan kerja sama bilateral Indonesia dan Malaysia di bidang penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia," kata Ida Fauziyah.

Dalam pertemuan yang dilakukan di sela-sela kunjungan kerja Menaker Ida ke Malaysia itu, kedua pihak juga membahas isu-isu terkini terkait penempatan dan pelindungan PMI. Pembahasan tersebut penting dilakukan sebelum pelaksanaan Joint Working Group ke-4 yang akan dilaksanakan pada 9-11 Mei 2024 di Malaysia.

Pertemuan Ida dengan Sim Chee Keong menjadi yang pertama setelah anggota Parlemen Malaysia dari Bukit Mertajam, Pulau Pinang,  itu menjadi Menteri Sumber Manusia Malaysia di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Anwar Ibrahim. 

Menaker Ida berharap terpilihnya Sim Chee Keong sebagai Menteri Sumber Manusia, maka kebijakan bidang ketenagakerjaan di Malaysia menjadi lebih baik dan memberikan dampak positif pada meningkatnya kesejahteraan dan pelindungan bagi pekerja migran, khususnya bagi tenaga kerja Indonesia.

"Saya percaya, dengan dukungan Yang Terhormat Sim Chee Keong, kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia, khususnya di bidang ketenagakerjaan dapat memberikan hasil yang lebih konkret," ucap Menaker dalam pertemuan yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada hari ini.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menaker RI temui Menteri Sumber Manusia Malaysia yang baru bahas PMI