Rusia mengevakuasi 76.000 penduduk di tengah pertempuran dengan Ukraina

id serangan ukraina di rusia,evakuasi warga rusia

Rusia mengevakuasi 76.000 penduduk di tengah pertempuran dengan Ukraina

Ilustrasi penyerangan/HO-Anadolu/www.aa.com.tr

Moskow (ANTARA) - Kementerian Situasi Darurat Rusia mengatakan bahwa lebih dari 76.000 penduduk dievakuasi dari wilayah Kursk yang menjadi arena pertempuran dengan pasukan Ukraina.

Juru Bicara Kementerian Artyom Sharov dalam konferensi pers di Kursk, Sabtu, menyampaikan penduduk permukiman yang terletak di dekat perbatasan dengan Ukraina dan daerah tempat bentrokan sedang berlangsung ditempatkan di tempat penampungan sementara.

Ia mengatakan sebanyak 60 titik akomodasi sementara bagi penduduk yang meninggalkan wilayah yang berbatasan dengan Ukraina telah disiapkan di delapan wilayah, termasuk Kursk.

Sepanjang malam pada 5-6 Agustus, Ukraina mengintensifkan penembakan di wilayah Kursk. Serangan artileri tersebut diikuti oleh serbuan infanteri Ukraina yang didukung oleh tank dan kendaraan lapis baja, di dekat kota Sudzha.

Kemudian pada Jumat malam, wilayah Lipetsk Rusia yang berdekatan dengan Kursk mengalami serangan pesawat nirawak besar-besaran yang menewaskan satu orang, membakar lapangan terbang militer, serta merusak infrastruktur energi, menurut pihak berwenang.

Pihak berwenang di wilayah Kursk mengatakan pada Jumat bahwa lima warga sipil, termasuk seorang paramedis, seorang pengemudi ambulans, dan seorang wanita hamil berusia 24 tahun, tewas. Selain itu, 66 lainnya, termasuk enam anak-anak, terluka dalam serangan Ukraina.

Adapun pada Sabtu pagi, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa pertempuran di wilayah Kursk terus berlanjut dengan menekankan bahwa angkatan udara Rusia melakukan serangan terhadap posisi-posisi Ukraina dan terlibat dalam pertempuran dengan unit tank.

Sumber : Anadolu



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rusia evakuasi 76.000 penduduk di tengah pertempuran dengan Ukraina