Tim rugbi Aceh tunda uji tanding di Malaysia karena COVID-19

id Aceh,rugbi,pon,pemerintah aceh,provinsi aceh,pemprov aceh

Tim rugbi Aceh tunda uji tanding di Malaysia karena COVID-19

Atlet rugbi Aceh berlatih di Pantai Syiah Kuala, Banda Aceh. Antara Aceh/HO/Dok Pengprov PRUI Aceh

Banda Aceh (ANTARA) - Tim rugbi Aceh yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua menunda uji tanding melawan klub-klub Malaysia karena pandemi COVID-19.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Rugbi Union Indonesia (Pengprov PRUI) Aceh Andry Agung di Banda Aceh, Jumat, mengatakan uji tanding ke Malaysia sudah diagendakan jauh hari.

"Kami harus menunda uji tanding di Malaysia karena pandemi COVID-19. Apalagi di Malaysia sedang berlangsung pembatasan sosial berskala besar karena tren COVID-19 meningkatkan," kata Andry.

Andry menyebutkan alasan uji tanding di Malaysia karena di negara tetangga banyak klub rugbi dan jaraknya dekat ke Aceh.

"Ketua union rugbi Malaysia juga bersedia menerima kami. Namun, rencana tersebut terpaksa ditunda hingga tahun depan. Kami berharap pandemi COVID-19 segera berakhir," kata Andry.

Andry mengatakan Pengurus Provinsi Rugbi Union Indonesia Aceh menyiapkan dua tim, putra dan putri, ke PON Papua yang sudah dinyatakan lolos PON pada Pra PON di Bali, Agustus 2019.

"Persiapan dilakukan dengan pemusatan latihan daerah selama tujuh bulan, sejak Mei lalu hingga Desember mendatang. Masing-masing tim terdiri 12 atlet," kata Andry.

Pemusatan latihan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. Tim putra dilatih Septi Hariansyah dan putri ditangani pelatih Aswadi.

Andry berterima kasih kepada KONI Aceh yang selama ini mendukung perkembangan rugbi di Aceh.

"Kami menargetkan kedua tim rugbi Aceh masuk final PON Papua 2021. Di pesta olahraga tersebut, hanya lima tim putra dan putri yang dinyatakan lolos. Aceh bersaing dengan Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Bali, dan Banten," kata Andry.