Pemilu - Nasdem Dukung Jokowi Jadi Capres

id Pemilu - Nasdem Dukung Jokowi Jadi Capres

Pemilu - Nasdem Dukung Jokowi Jadi Capres

Capres PDI Perjuangan Joko Widodo (dua kanan) bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (dua kiri) di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Sabtu (12/4). Foto Antara/Dhoni Setiawan

Jakarta, (AntaraKL) - Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh mengatakan, partainya telah resmi merapat ke PDI Perjuangan untuk berkoalisi dan mendukung Joko Widodo sebagai capres yang diusung PDI Perjuangan.

"Kami sepakat untuk merapatkan barisan, untuk persiapan mendukung capres dari PDI Perjuangan," ujar Surya Paloh saat menggelar jumpa pers di kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Sabtu (12/4).

Surya Paloh mengungkapkan, sepakatnya Partai NasDem merapat ke PDI Perjuangan lantaran Partai NasDem dengan PDI Perjuangan memiliki visi yang sama dalam mewujudkan sistem pemerintahan presidensil yang sebenarnya.

"Perbincangan kami, perbincangan yang lebih banyak pada keinginan untuk memahami kesamaan visi dan misi dari peran yang bisa dijalankan, dari dua institusi parpol, PDIP dan NasDem," kata Surya Paloh.

Surya Paloh pun mendukung majunya Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan. Bahkan, ia menilai Jokowi merupakan capres juga dari Partai NasDem.

"NasDem memberikan dukungan penuh, dengan perasaan yang bergembira, berbesar hari. Bahwa capres PDIP sama dengan capres dari Nasdem," ucap Surya.

Ia menegaskan, pertemuan antara Partai NasDem dengan PDI-P tidak membahas mengenai pembagian jabatan menteri atau lainnya. Pertemuan itu hanya berbicara bagaimana menegakan konsep kebangsaan.

"Tidak ada pembicaraan mengenai menteri atau jabatan tertentu, memang pembicaraan yang kita lakukan lebih kepada persoalan bagaimana menegakan presidensial," kata Surya.

Surya hanya mengatakan NasDem memiliki kesepakatan untuk mendukung majunya Jokowi sebagai capres. NasDem memiliki komitmen untuk mendukung pencapresan Jokowi pada pemilu presiden.
Pembicaraan mengenai visi dan misi akan dibacakan setelah bertemu dengan Ketua Umum DPP-PDIP Megawati Soekarnoputri. Ketika itulah ia akan mengutarakan kesamaan visi yang akan diselaraskan antara Nasdem dengan PDI-P.

"Yang paling penting kami mendukung majunya Jokowi, mengenai visi dan misi kami akan kami utarakan pada saat bertemu dengan Megawati Soekarnoputri," katanya. (Syaiful Hakim/sh)