Malaysia dan Singapura luncurkan VTL untuk buka perbatasan

id Malaysia,Singapura

Malaysia dan Singapura luncurkan VTL untuk buka perbatasan

Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri dalam jumpa pers yang disiarkan secara langsung melalui media resmi di Putrajaya. ANTARA Foto/Agus S (1)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Pemerintah Malaysia dan Singapura akan meluncurkan Vaccinated Travel Lane (VTL) antara Bandara Changi dan Bandara Internasional Kuala Lumpur mulai 29 November 2021 untuk membuka kembali perbatasan kedua negara secara bertahap.

Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengemukakan hal itu dalam pernyataan bersama setelah berbicara melalui telepon Senin (8/11).

Kedua perdana menteri mengakui bahwa COVID-19 telah mengganggu hubungan antar manusia antara kedua negara, dan memisahkan keluarga selama berbulan-bulan.

Mengingat kemajuan signifikan yang telah dicapai kedua negara dalam memvaksinasi populasi masing-masing dan mengelola pandemi COVID-19, mereka sepakat bahwa sudah waktunya untuk melanjutkan perjalanan lintas batas antara kedua negara secara bertahap, dengan cara yang aman.

Di bawah VTL, pelancong yang divaksinasi penuh akan dapat melakukan perjalanan antara Malaysia dan Singapura serta menjalani tes COVID-19 sebagai pengganti karantina atau karantina di rumah.

Perdana Menteri juga berharap untuk memulihkan perjalanan melintasi hubungan darat antara kedua negara dalam waktu dekat.

Mereka dengan senang hati mencatat kemajuan yang baik dalam diskusi terperinci antara lain tentang rencana membuka kembali perjalanan melintasi Causeway dan Second Link, dengan mempertimbangkan situasi kesehatan masyarakat di Johor dan Singapura.

Ismail mengatakan VTL adalah tonggak penting lainnya dalam kerja sama Malaysia-Singapura yang sudah berlangsung lama.

VTL akan memungkinkan perbatasan perjalanan kedua negara dibuka kembali secara bertahap dan bertanggung jawab dengan menyeimbangkan kebutuhan untuk memulihkan ekonomi sambil memastikan keselamatan dan kesehatan masyarakat dari COVID-19.

Perdana Menteri Lee mengharapkan implementasi yang efektif dari skema perjalanan ini, menambah yang telah dikembangkan sebelumnya untuk memfasilitasi pergerakan orang dan barang antara Malaysia dan Singapura.

"Singapura dan Malaysia menikmati hubungan yang dalam, hangat, dan beragam. Saya sangat senang bahwa kedua negara kami akhirnya dapat memulai kembali perjalanan lintas batas melalui VTL. Ini akan membantu menghidupkan kembali ekonomi kita, memulihkan hubungan antar-warga kita, dan memperkuat hubungan bilateral kita," kata Lee Hsien Loong.
Pewarta :
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2021