Menkominfo Indonesia dan Malaysia diskusikan infrastruktur hingga tata kelola ruang digital

id menkominfo,kominfo, Annuar Musa,malaysia

Menkominfo Indonesia dan Malaysia diskusikan infrastruktur hingga tata kelola ruang digital

(Ki-ka) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate bersama dengan Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Tan Sri Annuar Musa dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Kominfo di Jakarta, Jumat (19/8/2022). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Kami sama-sama memiliki pemahaman yang sama yang berkaitan dengan menjaga ruang digital, baik ruang digital Indonesia, Malaysia, dan ASEAN ...
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate bersama dengan Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Tan Sri Annuar Musa mendiskusikan soal infrastruktur hingga tata kelola ruang digital bersama dalam pertemuan keduanya di Jakarta, Jumat.

"Kami berdiskusi soal hal yang berkaitan dengan hampir keseluruhan pekerjaan digital, mulai dari infrastruktur digital dari hulu ke hilir, dan tata kelola ruang digital," kata Menkominfo Johnny dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.

"Kami sama-sama memiliki pemahaman yang sama yang berkaitan dengan menjaga ruang digital, baik ruang digital Indonesia, Malaysia, dan ASEAN agar selalu bersih dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, Malaysia, dan juga ASEAN," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Menteri Johnny mengatakan terdapat banyak tantangan yang harus diselesaikan bersama dengan dua negara. Mulai dari pilihan teknologi yang tepat untuk diadopsi dalam negeri, pilihan teknologi satelit, teknologi telekomunikasi, hingga teknologi yang berhubungan dengan keamanan siber untuk menjaga ruang digital agar tetap bersih.

Selain itu, Menkominfo mengatakan Indonesia dan Malaysia juga berdiskusi untuk saling memberikan dukungan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya yang berhubungan dengan posisi-posisi penting di lembaga internasional seperti Badan Persatuan Telekomunikasi Internasional (International Telecommunication Union/ITU).