Merawat cita-cita anak Indonesia di Malaysia

id SIJB,KJRI Johor Bahru,anak TKI Oleh Virna P Setyorini

Merawat cita-cita anak Indonesia di Malaysia

Sekolah Indonesia Johor Bahru mengikuti Karnival Pencak Silat Beradat Antarbangsa yang memperebutkan Piala Datuk Bandar Pasir Gudang 2022 bersama Persaudaraan Setia Hati Terate di Pasir Gudang, Johor Bahru, Malaysia, Sabtu (3/12/2022). ANTARA/Virna P Setyorini

Karena mewah itulah untuk menjaganya bukan sesuatu yang mudah

Kuala Lumpur (ANTARA) - Kepengurusan baru komite Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB) terbentuk pada Agustus 2022. Ada enam pengurus dalam komite yang mewakili suara wali murid dan secara aktif berkomunikasi dengan sekolah untuk urusan pendidikan hingga merawat gedung beserta fasilitasnya.

“Kami saling memberi semangat untuk kawan-kawan di komite sekolah ini. Kita harus kerja betul-betul karena bagi saya sekolah ini sudah sangat mewah, bukan hanya indah atau bagus. Mana ada SD di Indonesia seperti ini. Karena mewah itulah untuk menjaganya bukan sesuatu yang mudah,” kata Ketua Komite Sekolah di SIJB Mulyono.

Karena tidak boleh ada pungutan maka enam anggota komite bergerak dan berkolaborasi untuk menggalang dana, menjangkau jaringan diaspora Indonesia, hingga pengusaha Malaysia yang mau berderma untuk memfasilitasi kelengkapan surau di sekolah, dengan menyumbang sajadah, mukena, hingga Al Quran.

Namun masih ada yang kurang untuk melengkapi surau di sana, yakni lemari untuk menyimpan itu semua. Mereka masih menanti dermawan lain untuk membantu melengkapi fasilitas tersebut.

Pada tanggal 24 November lalu, komite sekolah bersama OSIS SIJB menggelar perayaan peringatan Hari Guru di sana. Itu kali pertama dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan rasa terima kasih kepada para guru yang selalu semangat memberikan ilmu mereka.

Sejauh ini komite sekolah juga sudah mengagendakan kegiatan lanjutan yakni membantu melakukan perawatan fisik sekolah.
 

Guru-guru Sekolah Indonesia Johor Bahru berfoto bersama tim robotik dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Makassar di Sekolah Indonesia Johor Bahru, Malaysia, Minggu (4/12/2022). ANTARA/Virna P Setyorini
 


Seiring dengan berjalannya waktu, tentu ada perawatan tak terduga yang harus dilakukan, seperti mengganti bola lampu, servis penyejuk udara, memperbaiki gagang pintu yang rusak, hingga saluran-saluran air di kamar mandi gedung sekolah empat lantai tersebut.

Kepala SIJB Mohammad Rizali Noor mengatakan komite sekolah di sana memang sangat aktif membantu.

Baca juga: Murid Sekolah Indonesia ikuti kejuaraan pencak silat di Johor Bahru