Harimau Malaysia dilarang Ikuti Piala Asia Pyongyang

id Malaysia, Harimau Malaysia

Harimau Malaysia dilarang Ikuti Piala Asia Pyongyang

"Keputusan Pemerintah Malaysia itu dibuat setelah dilakukan musyawarah di Kementerian Pemuda dan OlahrRaga baru-baru ini," katanya.
Kuala Lumpur, (AntaraKL) - Pemerintah Malaysia melarang Persatuan Sepak Bola Malaysia (FAM) mengirimkan tim Harimau Malaysia ke Pyongyang untuk mengikuti Piala Asia 2019 yang akan bertemu dengan Korea Utara pada 28 Maret 2017.

"Arahan tersebut telah disampaikan oleh Menteri Pemuda dan OlahrRaga Brigjen Khairy Jamaluddin Abu Bakar yang menghubungi saya pagi tadi dan disusul surat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang ditandatangani Sekretaris Dato Lokman Hakim Ali," kata Sekjen FAM Dato` Haji Hamidin Haji Mohd Amin di Kuala Lumpur, Senin.

Hamidin mengatakan bahwa Pemerintah Malaysia telah setuju tim Harimau Malaysia tidak mengambil bagian menghadapi Pyongyang atas dasar dan pertimbangan faktor-faktor keselamatan.

"Keputusan Pemerintah Malaysia itu dibuat setelah dilakukan musyawarah di Kementerian Pemuda dan OlahrRaga baru-baru ini," katanya.

Pada Khamis (2/3) FAM menerima surat awal dari Wisma Putra yang ditandatangani Menteri Luar Negeri Dato` Sri Anifah Aman yang menyatakan bahwa pertandingan Grup B di Stadion Kim Il-sung, Pyongyang, itu dijamin aman tetapi terjadinya perubahan akan disampaikan dari waktu ke waktu.

Namun keputusan Pemerintah Malaysia untuk mengusir keluar Duta Besar Korea Utara di Malaysia, Kang Chol pada Sabtu (4/3) telah menjadikan situasi tidak aman bagi warga Malaysia untuk berkunjung ke Korea Utara saat ini.

Berdasarkan arahan terbaru Pemerintah Malaysia tersebut, ujar dia, menindaklanjuti surat yang diterima FAM pada Senin (6/3) telah mengirim surat kepada Konfederasi Bola Sepak Asia (AFC) untuk memohon supaya venue pertandingan tersebut dipindahkan dari Pyongyang ke tempat lain atas dasar keamanan.

"Saya juga telah menghubungi Sekjen AFC Dato Windsor John yang kini berada di Kamboja untuk mwnyampaikan harapan FAM supaya AFC memberi pertimbangan sewajarnya dan membuat keputusan segera mengenai venue baru pertandingan tersebut bagi memudahkan persiapan perjalanan tim Harimau Malaysia yang akan mulai latihan pada 13 Maret ini," katanya. (T.A034/B/N002/N002) 06-03-2017 21:39:51