Aktivitas deformasi lempeng Indo-Australia memicu gempa M6,6 laut Jawa

id BMKG ,Gempa Laut Jawa ,Gempa Tuban ,Tidak berpotensi tsunami

Aktivitas deformasi lempeng Indo-Australia memicu gempa M6,6 laut Jawa

Peta pusat gempa berkekuatan magnitudo 6,6 di Laut Jawa pada jarak 65 km arah barat laut Kota Tuban, Jawa Timur pukul 16.55.44 WIB, Jumat (14/4/2023). (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan aktivitas deformasi slab pull pada lempeng Indo-Australia memicu gempa bermagnitudo 6,6 di laut Jawa, arah barat laut Kota Tuban, Jawa Timur.   

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta, Jumat menyampaikan episentrum gempa bumi terletak pada koordinat 6,31 lintang selatan dan 111,96 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 km arah barat laut Kota Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 643 km.

"Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam akibat adanya aktivitas deformasi slab pull pada lempeng Indo-Australia yang tersubduksi hingga di bawah Laut Jawa," paparnya.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault)," katanya.

Ia menambahkan gempa yang terjadi pada pukul 16.55.44 WIB itu dirasakan di daerah Kuta dengan skala intensitas V (Modified Mercally Intensity), artinya getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun.

Gempa juga dirasakan di Karangkates, Trenggalek, Gianyar, Tulungagung, Trengalek, Nganjuk, Pacitan, Kediri, Tuban, Garut, Mataram dengan skala intensitas IV MMI atau bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Hingga pukul 17.43 WIB, Daryono menyampaikan, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) sebanyak satu dengan magnitudo M5,5 .

Daryono mengimbau kepada masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tuturnya.

Selain itu, ia juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Aktivitas deformasi lempeng Indo-Australia picu gempa M6,6 laut Jawa