BP2MI Kupang menerima jenazah seorang pekerja migran yang meninggal di Malaysia

id pemulangan jenazah PMI,pekerja migran NTT,pekerja migran indonesia

BP2MI Kupang menerima jenazah seorang pekerja migran yang meninggal di Malaysia

Petugas mengangkat peti berisi jenazah seorang pekerja migran Indonesia asal Kabupaten Flores Timur yang tiba di Bandara El Tari, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (10/6/2023). (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Kupang (ANTARA) - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Kupang pada Sabtu menerima jenazah seorang pekerja asal Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang meninggal di Malaysia.

Menurut petugas BP2MI Kupang Lukas, jenazah pekerja migran bernama Agnes Peni Muda (20) dipulangkan menggunakan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

"Diterima petugas BP2MI Kupang ketika tiba di Bandara El Tari sekitar pukul 12.45 WITA," katanya ketika dimintai keterangan di Kupang, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa BP2MI Kupang telah menyediakan mobil guna mengantar jenazah pekerja asal Flores Timur tersebut ke rumah kerabatnya di Kota Kupang untuk disemayamkan sementara.

Jenazah Agnes akan dipulangkan ke kampung halamannya di Pulau Solor, Kabupaten Flores Timur, pada Minggu (11/6).

Rencananya, jenazah pekerja itu diantar menggunakan kapal laut rute Kupang-Lembata, kemudian diseberangkan dari Lewoleba ke Larantuka, dan selanjutnya dibawa ke Pulau Solor.

"Petugas BP2MI Kupang akan ikut mengantar jenazah hingga diterima pihak keluarga di kampung halaman," kata Lukas.

BP2MI Kupang mencatat sepanjang Januari hingga Juni 2023 ada 61 jenazah pekerja migran dan satu jenazah anak pekerja migran yang dipulangkan ke NTT.

Menurut Kepala BP2MI Kupang Siwa, sebagian besar jenazah pekerja migran dipulangkan dari Malaysia.

"Setiap kali jenazah dipulangkan, petugas BP2MI Kupang memfasilitasi penjemputan jenazah di bandara dan mengantar ke kampung halaman," katanya.