Menlu Billstrom sebut Swedia pastikan penodaan agama tidak terulang

id swedia,menteri luar negeri,pembakaran alquran,undang-undang

Menlu Billstrom sebut Swedia pastikan penodaan agama tidak terulang

Ilustrasi - Al Quran (ANTARA)

Toronto (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom pada Selasa menegaskan pemerintahnya berusaha mengubah undang-undang untuk mencegah penodaan terhadap Al Quran di masa depan, dan menggambarkan hal tersebut "tercela".

Hal ini disampaikan Billstrom kepada mitranya dari  Aljazair,  Ahmed Atlaf melalui sambungan telepon, menurut Kementerian Luar Negeri Aljazair.

Selama perbincangan antara keduanya, Billstrom merujuk pembatasan konstitusional yang membatasi upaya pemerintahnya untuk mencegah tindakan semacam itu seraya menyesalkan tindakan tersebut.

"Kami berupaya untuk memastikan penodaan terhadap Al Quran tidak terulang," kata dia.

Billstrom juga menjelaskan kepada Atlaf mengenai inisiatif yang diambil Kementerian Kehakiman Swedia untuk mengevaluasi kemungkinan mengadopsi undang-undang yang menjaga ketertiban umum untuk mengatasi perlakuan yang tidak dapat diterima tersebut.

Pekan lalu, Salwan Momika, pengungsi Irak berusia 37 tahun yang tinggal di Swedia, menginjak dan menendang Al Quran, hanya beberapa pekan setelah membakar beberapa halaman dari kitab suci Umat Islam tersebut di depan masjid Stockholm.

Sebelumnya pada Januari, Rasmus Paludan, pemimpin sayap kanan Denmark, membakar kitab suci Al Quran di depan kedutaan Turki di Stockholm, sebuah insiden yang memicu kemarahan dan kecaman dari negara-negara Islam seluruh dunia.

Menyusul insiden-insiden tersebut, protes anti-Swedia merebak di beberapa kota di Lebanon. Duta besar Swedia untuk negara itu Ann Dismorr, dilaporkan meninggalkan Lebanon untuk liburan yang telah direncanakan.

Sumber: Anadolu


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menlu Billstrom: Swedia pastikan penodaan agama tidak terulang