Ketua Dewas ANTARA: Kantor berita relevan sebagai rumah penjernih berita

id Antara,Bernama,Kantor Berita

Ketua Dewas ANTARA: Kantor berita relevan sebagai rumah penjernih berita

Ketua Dewan Pengawas Perum LKBN ANTARA Kemal Effendi Gani (kedua kanan) berfoto bersama Pimpinan Redaksi Kantor Berita Nasional Malaysia BERNAMA Nur’ul Afida Kamaluddin (ketiga kanan) dan Anggota Dewan Pengawas Perum LKBN ANTARA Mayong Suryo Laksono (kiri) dan Monang Sinaga (kanan), Kepala Divisi Penyiaran TV BERNAMA Norhamzeela Md Hambali (ketiga kiri), Kepala Biro ANTARA Kuala Lumpur Virna Puspa Setyorini (kedua kiri) di Studio TV BERNAMA, Kuala Lumpur, Jumat (17/11/2023). (ANTARA/HO-BERNAMA)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Ketua Dewan Pengawas Kantor Berita ANTARA Kemal Effendi Gani menegaskan bahwa peran kantor berita penting di era disrupsi informasi saat ini.

"Di era disrupsi informasi penting bagaimana peran kantor berita bisa tetap relevan di masyarakat. Jadi clearing house (rumah penjernih), mengabarkan berita yang benar kepada masyarakat," ujar Kemal ketika berdiskusi dengan Kantor Berita Nasional Malaysia BERNAMA di Kuala Lumpur, Jumat.

Kemal beserta anggota Dewan Pengawas (Dewas) Kantor Berita ANTARA melakukan audiensi dengan jajaran Kantor Berita Nasional Malaysia BERNAMA di Kuala Lumpur, Jumat, yang mendapat sambutan dari Pimpinan Redaksi Kantor Berita Nasional Malaysia BERNAMA Nur-ul Afida Kamaluddin beserta jajarannya.

Dalam kunjungan selama lebih dari satu jam tersebut, Dewan Pengawas ANTARA berkesempatan berkunjung ke BERNAMA Radio di lantai 15, ke Digital Media lantai 9 dan ke BERNAMA TV di lantai 3.

Dalam sesi perbincangan, keduanya saling bertukar informasi tentang pengelolaan kantor berita di era keterbukaan informasi dan globalisasi saat ini.

Selain sebagai rumah penjernih, Kemal mengatakan peran bersama sebagai kantor berita sangat penting dalam lingkup keluarga ASEAN di era perang informasi.

“Mudah-mudahan bisa lebih ditingkatkan supaya bisa memberi informasi yang berharga bagi masyarakat dan dunia,” ujar Kemal yang merupakan wartawan senior tersebut.

Sementara itu, Pimpinan Redaksi Kantor Berita Nasional Malaysia BERNAMA Nur-ul Afida Kamaluddin mengatakan kerja sama BERNAMA dan ANTARA sudah berjalan sejak tahun 1970-an.

Menurut dia, perlu ada peningkatan kerja sama dua kantor berita, dari mulai pertukaran berita, foto, pertukaran wartawan, hingga kerja sama komersial.

Dalam kunjungan itu hadir pula Anggota Dewan Pengawas Perum LKBN ANTARA Mayong Suryo Laksono dan Monang Sinaga, Anggota Komite Audit Dewan Pengawas Perum LKBN ANTARA Eddy Endro Gyamirto, Sekretaris Dewan Pengawas ANTARA Joni Darmono dan Kepala Biro ANTARA Kuala Lumpur Virna Puspa Setyorini.

Sedangkan dari BERNAMA, ikut hadir Wakil Pemimpin Redaksi Layanan Berita BERNAMA Arul Rajoo A/L Durar Raj, Redaktur Senior Desk Internasional BERNAMA Ravichandran A/L Durairaj Johnson Paul, Kepala Petugas Operasi BERNAMA Radio24 Azlan Idris, Kepala Divisi Penyiaran TV BERNAMA Norhamzeela Md Hambali dan Pemangku Kepala Komersil BERNAMA Mastura Hassan.

Pada kesempatan yang sama Dewan Pengawas Perum LKBN ANTARA menyempatkan mengunjungi Kantor Berita ANTARA Biro Kuala Lumpur yang berada di lantai 5 Wisma Bernama.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kadewas ANTARA: kantor berita relevan sebagai rumah penjernih berita