Belanda dan Slovenia lolos ke 16 besar Piala Eropa

id Belanda,Slovenia,Klasemen peringkat tiga terbaik Euro 2024

Belanda dan Slovenia lolos ke 16 besar Piala Eropa

Penyerang Belanda #11 Cody Gakpo merayakan gol pertama timnya pada pertandingan sepak bola Grup D UEFA Euro 2024 antara Belanda dan Austria di Olympiastadion di Berlin pada Selasa (25/6/2024). (ANTARA/AFP/Odd Andersen)

Jakarta (ANTARA) - Timnas Belanda dari Grup D dan Slovenia dari Grup C memastikan langkahnya menuju babak 16 besar Euro atau Piala Eropa 2024 Jerman sebagai dua tim dari empat tim yang menjadi peringkat tiga terbaik setiap grup.

Belanda yang kalah dari Austria asuhan pelatih Ralf Rangnick dengan skor 2-3 pada laga terakhir di Stadion Olimpiade Berlin, Selasa (25/6) menempati posisi ketiga dengan empat poin dan selisih gol nol.

Tim Oranye sejatinya mengincar poin penuh untuk lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup untuk menghindari bracket yang disii tim-tim unggulan seperti Spanyol, Jerman, dan Portugal. Kekalahan ini membuat mereka gagal memenuhi target sebagai juara grup dan harus puas lolos sebagai salah satu peringkat tiga terbaik.

Pada klasemen sementara peringkat tiga terbaik, Belanda saat ini menjadi pemuncak klasemen sementara yang nantinya masih dapat berubah apabila nantinya Rumania, Belgia, Slovakia, dan Ukraina dari Grup E serta Turki, Ceko, dan Georgia memperoleh hasil lebih baik pada laga terakhir mereka.

Sebagai peringkat tiga terbaik dari Grup D, calon lawan pasti Belanda di babak 16 akan ditentukan setelah semua grup memainkan semua laga fase penyisihan, dengan calon lawan yang sudah diketahui adalah Spanyol, Inggris, atau pemenang Grup E.




Sementara itu, Slovenia yang meraih tiga hasil imbang dari tiga laga penyisihan grup setelah menahan imbang Inggris 0-0 pada laga terakhir di Stadion RheinEnergie, Cologne, Rabu dini hari WIB, lolos ke babak 16 besar dengan koleksi tiga poin dan selisih gol nol.

Dengan tiga poin, Jan Oblak dan kawan-kawan dipastikan lolos setelah tiga poin dan selisih gol nol lebih baik dari torehan dua peserta peringkat tiga yang sudah memainkan tiga laga, Hungaria dari Grup A dengan tiga poin dan selisih gol minus tiga dan Kroasia dari Grup B dengan dua poin dan selisih gol minus tiga.

Torehan poin ini membuat The Dragons untuk pertama kalinya lolos ke babak 16 besar setelah pada edisi pertama yang mereka ikuti pada tahun 2000 mereka gugur pada fase grup karena menghuni dasar klasemen.

Calon lawan Slovenia di babak 16 besar adalah Portugal atau pemenang Grup E yang sedang diperebutkan Belgia, Rumania, Slovakia, dan Ukraina.




Berikut klasemen sementara peringkat tiga terbaik Euro 2024
Posisi Grup Negara Main Menang Seri Kalah Gol Kebobolan Selisih gol Poin
1 D Belanda 3 1 1 1 4 4 0 4
2 E Slovakia 2 1 0 1 2 2 0 3
3 C Slovenia 3 0 3 0 2 2 0 3
4 A Hungaria 3 1 0 2 2 5 -3 3
5 B Kroasia 3 0 2 1 3 6 -3 2
6 F Ceko 2 0 1 1 2 3 -1 1


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Klasemen peringkat tiga terbaik Euro 2024: Belanda dan Slovenia lolos