Muslimat NU Malaysia ziarah ke Indonesia

id Muslimat NU Malaysia

Salah satu kegiatan Muslimat NU Malaysia (Foto ANTARA : Agus Setiawan)

"Jangankan Wali Songo, Pulau Jawa saja mereka ada yang belum tahu," ujar wanita asal Cirebon alumni Pondok Pesantren Seblak Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur tersebut.
Kuala Lumpur, (AntaraKL) - Pengurus Cabang Istimewa (PCI) Muslimat Nahdlatul Ulama Malaysia mengadakan ziarah ke Makam Wali Songo dan silaturahmi ke sejumlah tempat di Indonesia.

"Ini merupakan salah satu program kerja utama kami pada tahun ini. Dengan ziarah tersebut kami berharap mendapatkan berkah, mampu mengambil pelajaran dan meneladani perjuangan para Wali Songo," ujar Ketua PCI Muslimat NU Malaysia, Mimin Mintarsih di Kuala Lumpur, Rabu.

Dia mengatakan program ini penting karena para ibu Muslimat NU Malaysia berasal dari latar belakang yang beragam diantaranya mereka yang berasal dari luar Jawa sebagian besar belum tahu tentang Wali Songo atau Sembilan Wali.

"Jangankan Wali Songo, Pulau Jawa saja mereka ada yang belum tahu," ujar wanita asal Cirebon alumni Pondok Pesantren Seblak Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur tersebut.

Mimin mengatakan ziarah Wali Songo diawali dari arah timur yaitu Makam Sunan Ampel di Surabaya Jawa Timur kemudian ke Makam Sunan Gunung Jati di Provinsi Jawa Barat, kemudian dilanjutkan ke Jakarta.

"Di setiap tempat tersebut, rombongan menyempatkan membaca tahlil dan istighatsah yang langsung dipimpin Ustadz Liling Sibro Milisi, Rois Suriyyah PCINU Malaysia," katanya.

Selain itu, ujar dia, rombongan juga mengadakan silaturahmi dan studi banding ke berbagai pengurus Muslimat yang ada di Pulau Jawa.

Adapun sejumlah tempat yang menjadi lokasi lokasi ziarah adalah Makam Sunan Ampel Surabaya, Sunan Giri Gresik, Maulana Malik Ibrahim Gresik, Asmara Qondi Gresik, Sunan Drajat Lamongan, KH Abdurrahman Wahid Jombang,

Sunan Bonang Tuban, Sunan Muria Kudus, Sunan Kalijaga Demak, Raden Fatah Demak,

Sunan Gunung Jati Cirebon, KH H Mansur Cirebon dan Mbah Priok Jakarta Utara.

Sedangkan silaturahmi dilakukan ke sejumlah tempat di Jombang yakni MWC Muslimat NU Mojowarno, IPNU, IPPNU dan Fatayat Mojowarno, PC Muslimat Jombang, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Jombang, rumah dinas Ibu Munjidah, Wakil Bupati Jombang yang juga Ketua PC MNU Jombang serta ke Ibu Nyai Mahsunah Faruq, Pengasuh PP Seblak Jombang.

Kemudian ke Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Jepara, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Pancalang Kuningan Kabupaten Cirebon, Pimpinan Pusat (PP) Muslimat NU Jakarta dan rumah dinas Ibu Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Muslimat NU dan kunjungan ke PBNU Jakarta.

Mimin mengatakan melalui ziarah tersebut dirinya mendapat banyak pelajaran.

"Dengan menyadari kerasnya perjuangan para Wali Songo tersebut, kami menjadi lebih sadar bahwa perjuangan apapun pasti akan mendapatkan rintangan," katanya.

Dia mengatakan keikhlasan dan kesabaran para Wali Songo merupakan kunci untuk menghadapi rintangan tersebut.
Pewarta :
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar