Pengurus masyarakat Bangka Belitung Malaysia dilantik

id Persaudaraan Masyarakat Bangka Belitung Malaysia, Bangka Belitung

Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung Abdul Fatah melantik Kepengurusan Persaudaraan Masyarakat Bangka Belitung di Malaysia (Permaba) 2017-2022 di Kuala Lumpur, Senin malam. (Foto ANTARA / Agus Setiawan) (1)

"Tahun 2018-2019 merupakan tahun politik dimana dilakukan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden sehingga keberadaan data sangatlah penting," katanya.

Kuala Lumpur, (AntaraKL) - Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung Abdul Fatah melantik Kepengurusan Persaudaraan Masyarakat Bangka Belitung di Malaysia (Permaba) 2017-2022 di Kuala Lumpur, Senin malam.

Pelantikan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh mahasiswa Universitas Islam Antarbangsa Malaysia dari Bangka Belitung.

"Organisasi ini sudah lama berdiri tetapi secara legal baru bisa dilegalkan 2017 dan baru bisa dikukuhkan tahun ini atas dukungan gubernur dan pihak terkait," ujar Ketua Panitia Pelantikan, Aditya.

Dia mengatakan, organisasi ini bertujuan mewujudkan Masyarakat Melayu Babel yang kompak dan bersatu serta saling menjaga hubungan antar kedua negara dalam berbangsa.

Terpilih sebagai pengurus Permaba diantaranya Datuk Zainul Arifin SH MH DPMP sebagai ketua, Aditya SHI sebagai Sekjen dan Siti Masnawiah sebagai bendahara umum.

Setelah dilantik oleh Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah kemudian Zainul Arifin menyerahkan susunan kepengurusan kepada Kepala Fungsi Pensosbud KBRI Kuala Lumpur, Agus Badrul Jamal.

Zainul Arifin mengatakan Permaba sebenarnya sudah terbentuk tetapi masih berkelompok-kelompok sehingga diupayakan bersatu dalam wadah Permaba secara legal.

"Permaba akan melakukan pendataan warga Babel dan memohon kepada Pemerintah Babel juga ikut memberikan perhatian kepada warganya di Malaysia. Kami menghargai kehadiran Pak Wagub dan rombongan yang juga akan melakukan kerjasama pendidikan dengan Universitas Islam Antarbangsa dan Universitas Putra Malaysia," katanya.

Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah mengatakan kehadiran rombongan bersilaturahmi dengan masyarakat Babel di Malaysia merupakan yang pertama kalinya.

"Tahun 2018-2019 merupakan tahun politik dimana dilakukan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden sehingga keberadaan data sangatlah penting," katanya.

Dia mengatakan rombongan Malaysia sudah pernah ke Belitung untuk melihat Negeri Laskar Pelangi sehingga diharapkan wisatawan Malaysia bisa datang lebih banyak lagi.

Pada kesempatan tersebut Abdul Fatah juga memaparkan pembangunan yang berlangsung di Babel dan potensi-potensi yang perlu dikembangkan diantara kedua negara.

Pelantikan turut dihadiri Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh MM, Atase Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya Bapak Agus Badrul Jamal, Dr Ir Muhammad Yusuf, M.Si (Rektor Universitas Bangka Belitung), Dr Zayadi, M.Ag. (Ketua STAIN SAS Babel), Dr Marbawi H Syakban, SH MHum (ketua STIH Pertiba) dan Wargianto (ketua STIE Pertiba).

Dr Asyraf Suryadin (Ketua STKIP Muhamadiyah Babel), Sugeng Ariyono, M.Eng, Ph.d (Direktur Poman), M Soleh MM (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Babel), Marwan (Kepala Dinas Kehutanan Babel) dan Feri Insani (Kepala Bappelitbanda Babel).

Pelantikan juga dihadiri Ketua PKB Malaysia, Saiful Aiman, Ketua Permai, Djoko Erfuddin dan sejumlah perwakilan masyarakat Indonesia lainnya.

Pewarta :
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar