Dubes resmikan 17 CLC baru di Sarawak

id CLC,Community Learning Center,Dubes Rusdi Kirana

Dubes resmikan 17 CLC baru di Sarawak

Dubes Rusdi Kirana belajar bersama anak-anak (Foto ANTARA / Agus Setiawan) (1)

"Apa yang kita lakukan tidak bermaksud untuk mencari pujian tetapi karena kita mendapatkan berkah dari Tuhan sehingga kita kembalikan kepada negara yang membutuhkan," katanya.
Kuala Lumpur, (AntaraKL) - Duta Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur Rusdi Kirana meresmikan 17 Community Learning Center (CLC) baru di Sarawak Malaysia yang diperuntukkan bagi pendidikan anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di perkebunan sawit.

Peresmian CLC baru tersebut berlangsung di CLC Ladang Tiga Sarawak Plantation Agriculture Development (SPAD) milik Tan Sri Ling Chiong Ho, Miri, Jumat.

CLC yang diresmikan tersebut adalah CLC Ladang Alto, CLC Ladang BLD Lambir, CLC Ladang Borneo Agro Resources, CLC Ladang Gayanis, CLC Ladang Green Field, CLC Ladang Judan, CLC Ladang Linau Mewah, CLC Ladang Melur Gemilang.

Kemudian CLC Ladang Merabok, CLC Ladang Sachiew, CLC Ladang Sebakong, CLC Ladang Smart 1, CLC Ladang Smart 2, CLC Ladang Taniku, CLC Ladang Timbarap, CLC Ladang Trusan dan CLC Ladang Worldsign.

Para pemilik ladang kelapa sawit turut hadir pada kesempatan tersebut dan mendapatkan penghargaan atas kesediaannya dalam membuka CLC untuk pendidikan anak-anak TKI yang bekerja di perkebunan mereka.

Rusdi Kirana dalam sambutannya mengatakan dengan pendirian CLC diharapkan anak-anak para pekerja berubah nasibnya dan tidak seperti orang tuanya yang bekerja di perkebunan sehingga tidak terjadi "lost generation".

"Apa yang kita lakukan tidak bermaksud untuk mencari pujian tetapi karena kita mendapatkan berkah dari Tuhan sehingga kita kembalikan kepada negara yang membutuhkan," katanya.

Pada kesempatan tersebut Rusdi meminta kepada para WNI beserta anak-anaknya agar memiliki paspor dan akta kelahiran sehingga mempunyai kewarganegaraan.

Peresmian tersebut turut dihadiri Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Rakyat Indonesia, Sis Apik Wijayanto, Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Denny Abdi.

Turut hadir Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Dr Ari Purbayanto, Koordinator Fungsi Pensosbud, Agus Badrul Jamal, Atase Politik, Agung Cahya Sumirat, Koordinator Fungsi Konsuler, Yusron B Ambary dan Konjen KJRI Kuching Jahar Gultom.

Sebelumnya Rusdi Kirana melakukan kunjungan ke Community Learning Center (CLC) Taniku di Ladang Sarawak Oil Palms Berhad dan ke Ladang Sachiew.

Manager Sarawak Oil Palms Berhad, Thimayah mengatakan salah satu murid CLC saat ini sudah ada yang menjadi dokter sehingga saat pulang sering memberikan motivasi kepada anak-anak.

"Kami fokus ke pendidikan awal agar kepentingan pendidikan anak-anak terjamin walau di luar negeri. Semoga CLC ini memberikan semangat meningkatkan keberhasilan," katanya.

Rusdi Kirana juga mengenalkan Dirut BPJS Ketenagakerjaan yang akan memberikan program asuransi bagi TKI sehingga ada yang mengurusi kalau terjadi kecelakaan kerja atau keluarganya meninggal dunia.