PKS kunjungi tiga partai koalisi di Malaysia

id PKS Malaysia,Partai Koalisi Malaysia

PKS kunjungi tiga partai koalisi di Malaysia

Partai Keadilan Sejahtera melakukan kunjungan silaturahmi kepada tiga partai asal Malaysia yang tergabung dalam Koalisi Pakatan Harapan untuk memperluas dan mengembangkan jaringan. (1)

"Kita menyuarakan hal tersebut dalam pertemuan dengan ketiga partai yang tergabung dalam Koalisi Pakatan Harapan tersebut dengan sungguh-sungguh," kata Farouk.
Jakarta, (AntaraKL) - Partai Keadilan Sejahtera melakukan kunjungan silaturahmi kepada tiga partai asal Malaysia yang tergabung dalam Koalisi Pakatan Harapan untuk memperluas dan mengembangkan jaringan.

"Kami mencoba membangun jaringan komunikasi yang baik dengan partai-partai yang tergabung dalam Pakatan Harapan itu, dan masing-masing bisa saling belajar terkait kekuatan dan kelemahan dari masing-masing partai," ujar delegasi PKS Farouk Abdullah Alwyni selaku Head, Foreign Service and Public Diplomacy Bureau dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu. 

Farouk mengatakan pihaknya juga menyuarakan persoalan-persoalan yang dihadapi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia, khususnya para TKI yang telah lama tinggal di Malaysia tetapi tidak mempunyai status yang jelas. 

"Kita menyuarakan hal tersebut dalam pertemuan dengan ketiga partai yang tergabung dalam Koalisi Pakatan Harapan tersebut dengan sungguh-sungguh," kata Farouk. 

Partai Koalisi Pakatan Harapan Malaysia belum lama ini menorehkan fenomena politik baru mampu mengalahkan partai-partai Koalisi Barisan Nasional dari kekuasaan, setelah 60 tahun berkuasa di Malaysia. 

Koalisi Pakatan Harapan dipimpin oleh Dr Mahathir Mohamad yang dulunya merupakan kader terbaik dari Koalisi BN. 

Menurut Farouk, fakta yang terjadi di negeri jiran itu sebagai sebuah pencapaian yang luar biasa. Hal inilah yang kemudian mendorong PKS untuk melakukan lawatan mengunjungi beberapa partai yang tergabung dalam Pakatan Harapan tersebut langsung ke Malaysia. 

Dalam lawatan yang dilakukan 6-7 September 2018 itu, PKS mengirimkan sejumlah delegasinya yang dipimpin oleh Farouk Abdullah Alwyni.

Rombongan terdiri dari Ahmad Zaki Sabewhi selaku Adviser PKS Malaysian Chapter, Ali Sofyan selaku Coordinator of PKS Malaysian Chapter, Sapto Waluyo selaku Deputy Head, Planning Division, Teddy Surya Gunawan selaku Head Asia Pacific Bureau, serta Umar Salim MM selaku General Secretary Youth Division. 

Selaku Ketua Delegasi, Farouk menilai selain kebutuhan untuk mendengar langsung kesuksesan Koalisi Pakatan Harapan menumbangkan Koalisi Barisan Nasional yang berkuasa selama setengah abad lebih, Kelompok Pakatan Harapan juga dianggap memiliki kesamaan visi dengan PKS dalam hal keinginan untuk melaksanakan good governance di pemerintahan.

Ketiga partai Koalisi Pakatan Harapan yang dikunjungi oleh delegasi PKS dalam lawatannya adalah Partai Keadilan Rakyat (PKR), Parti Amanah Negara (Amanah), dan Parti Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM).

PKS, kata Farouk, merasa terinspirasi oleh prestasi dari ketiga partai tersebut.