KBRI Kuala Lumpur Pulangkan Dua Korban Tewas

id KBRI Kuala Lumpur Pulangkan Dua Korban Tewas

KBRI Kuala Lumpur Pulangkan Dua Korban Tewas

Jakarta, (AntaraKL) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur , Malaysia, telah memulangkan dua WNI/TKI yang menjadi korban tewas akibat bencana banjir lumpur di Kampung Lembah Bertam, Cameron Highlands, Pahang, Malaysia, pada 24 Oktober 2013 dini hari.

Bencana banjir lumpur di Lembah Bertam, Cameron Highland, Pahang, disebabkan oleh tingginya curah hujan dan akibat dibukanya pintu air Empangan Sultan Abu Bakar milik perusahaan listrik Malaysia yang meluap, demikian siaran pers KBRI Kuala Lumpur yang diterima Antara di Jakarta, Rabu (6/11).

Bencana ini mengakibatkan kerusakan pada 80 rumah termasuk diantaranya yang dihuni oleh 20 keluarga WNI serta menewaskan tiga korban, dua di antaranya merupakan WNI. WNI yang menjadi korban tewas adalah Kasmu dan Jarwati asal Lamongan, Jawa Timur.

Kasmu yang sehari-hari bekerja di ladang ditemukan tewas oleh Tim SAR beberapa jam setelah kejadian, sedangkan jenazah Jarwati ditemukan sekitar 2km dari lokasi bencana.

KBRI Kuala Lumpur telah mengurus dokumen yang diperlukan kedua korban untuk dapat dipulangkan ke Indonesia. Jenazah Kasmu telah diterbangkan ke Indonesia pada 25 Oktober 2013, sedangkan jenazah Jarwati diterbangkan ke Indonesia pada 30 Oktober.

KBRI juga telah meminta perusahaan yang mempekerjakan korban untuk segera mengurus asuransi kematian dan pemberian santunan kepada keluarga kedua korban tewas tersebut, mengingat mereka adalah pekerja WNI yang ditanggung asuransi.

Tiga hari setelah kejadian KBRI Kuala Lumpur mengadakan kunjungan sekaligus memberikan bantuan kebutuhan sehari-hari kepada WNI/TKI yang menjadi korban selamat pada bencana banjir lumpur tersebut.

Hingga berita ini diturunkan penyelidikan terhadap bencana ini masih terus dilakukan oleh pihak berwenang Malaysia. (SH/Ant)