Aling Aling Dipadati Wisatawan Umanis Kuningan

id Aling Aling Dipadati Wisatawan Umanis Kuningan

Aling Aling Dipadati Wisatawan Umanis Kuningan

Singaraja (AntaraKL) - Kalangan wisatawan domestik dan mancanegara memadati objek wisata Air Terjun Aling-aling di Desa Sambangan, Kabupaten Buleleng, Bali pada Umanis Kuningan, sehari setelah hari Raya Suci Kuningan, Minggu.

"Wisman dan wisdom memadati air terjun karena bertepatan dengan akhir pekan dan libur hari raya," ujar Made Darmawan, praktisi pariwisata yang juga pengelola salah satu vila di daerah itu.

Menurut dia, saat ini Air Terjun Aling-aling makin ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah terlebih sudah banyak dilakukan penataan dan pembangunan beberapa pendukung pariwisata.

"Sebagai contoh wahana petualangan yang dibangun salah satu investor asli Bali sangat diminati berbagai kalangan pengunjung terutama kalangan muda," kata dia.

Keadaan itu, kata Darmawan sangat mendukung keberadaan Air Terjun Aling-aling sebagai salah satu objek wisata unggulan di Bali bagian Utara, selain beberapa objek wisata yang sudah memiliki nama besar seperti Lovina, Pemuteran dan Air Sanih.

Dikatakan pula, selama ini objek wisata yang berjarak sekitar 90 kilometer dari Denpasar itu memang menjadi primadona karena memiliki kolam air terjun yang indah dan dikelilingi oleh hamparan pegunungan yang asri.

"Wisatawan melakukan beberapa kegiatan di tempat wisata ini seperti jalan-jalan di sepanjang aliran sungai (tracking), berseluncur, atau hanya sekedar berenang menikmati segarnya air pegunungan," paparnya.

Para wisatawan juga, kata dia, dapat menyaksikan hamparan sawah indah yang berada di bagian barat dan timur, sepanjang perjalanan juga dapat menikmati indahnya perbukitan yang berjejer di bagian Selatan objek wisata itu. "Bukan hanya sawah dan pegunungan saja, para wisatawan dapat melihat laut utara Bali di barat dan timur," ujar dia.

Bukan itu saja, selain melakukan aktivitas di air terjun, para wisatawan Australia menyenangi aktivitas jalan-jalan menelusuri persawahan yang membentang luas di sekitar objek wisata setempat. "Sering kali mereka mengelilingi persawahan subak sambil mengabadikan gambar dengan berfoto," ungkapnya.

Darmawan melanjutkan, wisatawan mengunjungi objek wisata Air Terjun Aling-aling kadang kala ada yang menginap sampai satu minggu ataupun lebih, ada pula mendatangi objek wisata yang terletak di sebelah barat kota Singaraja itu melalui biro perjalanan wisata (travel agen) dari Denpasar, Bali.

"Para wisatawan menginap di vila-vila yang ada di sini untuk beberapa hari, ada pula yang datang setelah menikmati liburan di Bali Selatan seperti Kuta, Legian, Tanah Lot, danl lain-lain," demikian Darmawan. (WDY)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar