Tugu KM-0 Indonesia Magnet Wisatawan ke Sabang

id Tugu KM-0 Indonesia Magnet Wisatawan ke Sabang

Tugu KM-0 Indonesia Magnet Wisatawan ke Sabang

Tugu KM-0 Indonesia Magnet Wisatawan ke Sabang (ACEH.ANTARANEWS.COM)

Sabang (AntaraKL) - Tugu Nol Kilometer Indonesia yang berada di Ujong Bau, Gampong Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang menjadi magnet utama bagi para wisatawan yang berlibur ke pulau paling Barat Indonesia.

Secara giografis, keberadaan monumen tugu KM-0 adalah bagian terpenting dalam mempersatukan bangsa dari Kota Madya Sabang, Aceh sampai ke Mauroke, Papua. Sebagaimana slogan yang diucap oleh anak bangsa "Dari Sabang sampai Mauroke".

Letak Tugu KM-O Indonesia dihutan yang masih asri nan virgin, di paling ujung Pulau Weh yang berhadap langsung ke Selat Malaka menambah daya tarik tersendri bagi para wisatawan ber pouse di monemunen yang bertulisan "KILOMETER O INDONESIA". Dan Setiap libur akhir pekan maupun libur panjang ribuan wisatawan lokal dan mancanegara mengabadikan gambar di tugu ini.

Celotehan beraneka ragam burung dari hatun yang masih perawan itu membuat wisatawan enggan beranjak meninggalkan Tugu KM-O Indonesia, ditambah lagi warna air laut yang kebiru-buran dan gemuruhnya pecahan ombak dari laut lepas (Selat Malaka) tentu sangat menyenangkan dan membuat pikiran fres nan segar sembari menikmati jajanan Air Kelapa Muda dan Rujak Khas Sabang. dilokasi ini juga wisatawan mudah mendapatkan fasilitas-fasilitas Musholla dan MCK.

Jika wisatawan beranjak dari pusat kota hanya membutuhkan waktu sekitar 45
sampai 50 menit dengan mengunakan sepeda motor roda dua dan roda empat sudah tiba dilokasi Tugu KM-0 Indonesia. Sepanjang jangan yang disusuri menghadap langsung ke laut lepas dan asrinya hembusan udara dari hutan virgin menyejukkan sanubari.

Sabang merupakan pulau unit dan strageis diapit oleh dua litasan tersibuk di dunia, diantaranya Selat Malaka dan Samudera Hindia. Setiap para wisatawan yang menikmati indahnya laut lepas juga bisa menyaksikan langsung lalulalang kapal-kapal cargo yang melintasi kedua selat tersebut.

Pulau Weh yang berada dilaut andaman juga turut didampigi oleh empat pulau
unit nan munggil, pulau-pulau itu terdiri dari, Pulau Rubiah, Pulau Klah, Pulau Seulako, dan Pulau Rondo.

Kemudian, secara giografis Kota Sabang juga berada pada 95°13'02"-95°22'36" BT, dan 05°46'28"-05°54'-28" LU, merupakan wilayah administratif paling utara, yang mana berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga yakni, India, Malaysia, dan Thailand.