Pancuran Air Tejun Tegenungan Ramai Dikunjungi Wisatawan

id Pancuran Air Tejun Tegenungan Ramai Dikunjungi Wisatawan

Pancuran Air Tejun Tegenungan Ramai Dikunjungi Wisatawan

Ilustrasi

Gianyar (AntaraKL) - Pancuran yang berlokasi di areal air terjun Tegenungan, Desa Kemenuh, Kabupaten Gianyar mulai ramai dikunjungi wisatawal domestik maupun wisatawan mancanegara.

"Air Terjun Tegenungan di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati itu terus dibenahi oleh warga masyarakat setempat. Kini objek wisata yang dulunya terbelengkalai kini dilengkapi dengan permandian seperti objek wisata Tirta Empul," kata Kepala Desa Kemenuh, Dewa Nyoman Neka, Jumat.

Pancuran itu sendiri airnya merupakan kumpulan tetesan air suci yang berlokasi di aeral Pura Beji Tirta Amerta Jiwa yang berlokasi di sebelah Selatan air terjun.

Air dengan debit yang cukup besar itu dimanfaakan untuk pemandian bagi wisatawan yang berminat untuk berendam di air jernih tersebut.

"Ya kami garap sudah sejak tahun 2015, syukur saat ini ramai dikunjungi wisatawan. Biaya penggarapan dilakukan secara swadaya masyarakat setempat, disamping bantuan dana dari pemerintah," ujar Dewa Nyoman Neka.

Ia menambahkan, total dana untuk perbaikan objek wisata air terjun itu mencapai Rp150 juta, disamping tenaga yang menggarapnya secara swadaya.

Pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan pihak terkait sehingga penataan objek wisata air Terjun Tegenungan benar-benar terlaksana dengan baik.

Adanya objek wisata Tegenungan memberikan dampak positif bagi perkembangan desa.

"Kami ingin merubah pola pikir masyarakat dan memberikan pemahaman kepada warga untuk tidak meminta minta uang pemerintah, namun menanamkan akan kemandirian," katanya.

Menurutnya secara umum dari Rp 300 juta dana desa yang akan dialokasikan lagi, diarahkan untuk berbagai kegiatan antara lain
perbaikan, promosi serta tempat parkir. (WDY)