Tim SAR sudah berada di lokasi kecelakaan helikopter Kapolda Jambi di Kerinci

id Jambi, tim sar sudah di lokasi heli jatuh, kapolda jambi

Tim SAR sudah berada di lokasi kecelakaan helikopter Kapolda Jambi di Kerinci

Tim SAR sudah berada di lokasi jatuhnya Helikopter yang ditumpabgi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan pejabat di Kerinci, Jambi, Senin (20/2/23).(ANTARA/HO/SAR)

Pagi ini sekitar pukul 07.40 WIB, tim sudah berhasil menemukan titik lokasi kecelakaan helikopter yang ditumpangi Kapolda dan beberapa saat kemudian helikopter evakuasi juga telah menurunkan logistik di dekat lokasi kejadian
Jambi (ANTARA) - Tim SAR gabungan Polri, TNI dan Basarnas berhasil menuju lokasi dan menemukan rombongan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono yang mengalami kecelakaan helikopter di kawasan perbukitan Tamiai, Muara Emat, Kabupaten Kerinci. 

“Pagi ini sekitar pukul 07.40 WIB, tim sudah berhasil menemukan titik lokasi kecelakaan helikopter yang ditumpangi Kapolda dan beberapa saat kemudian helikopter evakuasi juga telah menurunkan logistik di dekat lokasi kejadian,” kata Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol Feri Handoko di Jambi, Senin. 

Setelah menemukan titik lokasi jatuhnya helikopter, menurut dia, tim evakuasi sedang mencoba melakukan evakuasi lewat jalur udara. Tim SAR berjumlah 17 orang terdiri dari personil BASARNAS Jambi tiga orang, DokPol dua orang, Brimob enam orang dan kru heli enam orang yang menggunakan Heli Bell 429 milik Polri sudah tiba di lokasi dan memberikan logistik kepada Kapolda Jambi dan rombongan. 
 
Berdasarkan hasil rekaman video berdurasi satu menit 14 detik yang diperoleh dari tim SAR yang berada di lokasi, tampak korban Kapolda dan 2 direktur, staf pribadi pimpinan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Spripim) dan kru helikopter sudah mengenakan perlengkapan selimut dan logistik lainnya yang telah diturunkan dari helikopter evakuasi.

Tim SAR yang sudah berada di tempat kejadian saat ini sedang membersihkan lokasi sekitar kejadian untuk bisa melakukan evakuasi menggunakan helikopter sehingga bisa cepat dilakukan pertolongan pertama.

Dalam rekaman video pendek itu tampak, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan dua pejabat utama serta kru helikopter terbaring menggunakan selimut dari batuan tim evakuasi yang sudah sampai. Cuaca terlihat cukup mendukung untuk dilakukan evakuasi terhadap para korban melalui udara, dengan suhu saat itu berada dikisaran 17 hingga 29 derajat Celsius. 

Untuk Tim SAR gabungan yang melakukan evakuasi melalui jalur darat, hingga pagi ini masih dalam perjalanan dengan jarak kurang lebih 3,5 kilometer (km) untuk sampai ke lokasi. 

Helikopter milik Polairud Polda Jambi yang ditumpangi Kapolda dan beberapa pejabat utama Polda Jambi, berangkat dari bandara Sultan Thaha Jambi dengan tujuan Kabupaten Kerinci pada Minggu (19/2) pagi, mengalami kecelakaan di perbukitan sekitar Kecamatan Muara Emat, Kabupaten Kerinci, sebelum tiba di Bandara Kerinci.

 
Baca juga: Helikopter ditumpangi rombongan Kapolda Jambi mendarat darurat di Bukit Tamia
Baca juga: Evakuasi penumpang helikopter Kapolda Jambi yang mendarat darurat di Kerinci terkendala hujan
Baca juga: Personel Basarnas Jambi gunakan motor untuk jangkau lokasi helikopter jatuh

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tim SAR sudah berada di lokasi kecelakaan helikopter Kapolda Jambi