Basarnas Natuna lakukan latihan SAR bersama MRSC Malaysia

id Natuna, kepri, basarnas, sar natuna

Basarnas Natuna lakukan latihan SAR bersama MRSC Malaysia

Petugas komunikasi Kantor SAR Natuna mengikuti latihan komunikasi SAR bersama Malaysia di Natuna, Kepri, Selasa (21/2/2023) (ANTARA/HO-Basarnas Natuna)

SAR COMEX sendiri menjadi agenda latihan rutin setiap bulannya antara Malaysia dengan Indonesia
Natuna (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Natuna, Kepulauan Riau melaksanakan Latihan SAR Komunikasi atau dikenal dengan istilah SAR COMEX (Communication Exercise) antardua negara, yaitu Indonesia dan Malaysia (MRSC Kuantan).

"SAR COMEX sendiri menjadi agenda latihan rutin setiap bulannya antara Malaysia dengan Indonesia," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna Abdul Ramhan di Natuna, Selasa (21/2).

Ia menjelaskan tidak hanya Kantor SAR Natuna, namun juga melibatkan beberapa kantor SAR di daerah lain, begitu juga pihak Malaysia melibatkan beberapa daerah di Malaysia.

Adapun kantor SAR yang terlibat antara lain Banda Aceh, Pekan Baru, Tanjung Pinang, Natuna, Pontianak hingga Tarakan. Sebaliknya, dari pihak Malaysia melibatkan MRSC Johor Bahru, Kuantan, Kuching, Kota Kinabalu dan Langkawi.

"Kantor SAR Natuna terjadwal untuk berkomunikasi melalui radio HF, jaringan telepon hingga WhatsApp, serta email bersama MRSC Kuantan pada kesempatan pertama ini," kata Abdul Rahman.

Ia juga mengatakan hasil dari SAR COMEX hari ini cukup baik, dengan dapat memonitor informasi melalui WhatsApp, jaringan telepon, dan surat elektronik.

"Sedangkan melalui radio terdengar, namun dengan penerimaan modulasi sangat lemah," kata dia.

Ia mengatakan tujuan Latihan SAR COMEX untuk meningkatkan kemampuan koordinasi dan komunikasi antara tim rescue antarnegara melalui kantor SAR terdekat.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Basarnas Natuna latihan SAR bersama MRSC Malaysia