Miles Films luncurkan video "Aku, Chairil!"

id Chairil Anwar,Puisi,Hari Puisi Nasional,Miles films,Riri Riza,Mira Lesmana

Miles Films luncurkan video "Aku, Chairil!"

Mira Lesmana (tiga dari kiri) dan Riri Riza (tiga dari kanan) bersama aktor, perupa, dan perwakilan Kemendikbudristek juga Indonesiana TV pada peluncuran serial antologi seni video "Aku Chairil!" di Artina Art Space, Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat (28/4/2023). (ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari)

Jakarta (ANTARA) -
Serial Antologi Seni Video berjudul "Aku, Chairil!" diluncurkan oleh Miles Films bekerjasama dengan Indonesiana TV yang dikelola Balai Media Kebudayaan Kemendikbudristek untuk menarik minat kaum muda pada puisi.
 
Di momen Hari Puisi Nasional 2023 ini, ada tujuh karya puisi Chairil Anwar yang diramu dalam bentuk audio visual oleh perupa, animator, hingga musisi, dan sudah bisa ditonton melalui kanal Indonesiana TV mulai  Jumat ini, bertepatan dengan kepergian penyair terkemuka Indonesia itu pada 28 April 1949.
 
"Puisi Chairil Anwar adalah inspirasi seni yang tidak habis-habis. Alasan mengapa kita berada di sini, karena kita bersama-sama hadir menikmati karya Chairil dalam medium film, video, suara, dan bentuk-bentuk yang lebih eksperimental dan ekspresif tidak hanya bagi anak muda, tetapi juga semua kalangan," kata Produser Film Riri Riza di Artina Art Space Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat.
 
Riri menuturkan ekspresi puisi ke dalam bentuk audio visual ini adalah kesempatan untuk mengembangkan bentuk karya yang lebih dekat dengan anak-anak muda dalam media film, audio, dan visual.
 
 
"Karya-karya ini ditujukan agar seluruh penonton baik yang sudah pernah atau belum membaca puisi-puisi Chairil bisa merasa terhubung, mewujudkan alur, titik temu, dan relevansi mereka sendiri di Hari Puisi Nasional dengan Chairil," ucap Riri.
 
Senada dengan Riri, Produser Mira Lesmana atau yang akrab dipanggil Mirles mengatakan bahwa sejak awal Miles Films berdiri memang sudah dekat dengan karya-karya Chairil Anwar.
 
"Sejak film Ada Apa Dengan Cinta (AADC), tokoh Rangga sudah membawa puisi Aku, karya Chairil. Kami selalu merasa lengkap apabila berkarya dengan seniman dan perupa," kata Mirles.
 
Peluncuran karya seni video "Aku Chairil!" ini diangkat melalui kolaborasi dengan tujuh perupa seni kontemporer Ruth Marbun, Rachmat Hidayat Mustamin, Nani Puspasari, Angki Purbandono, Ria Papermoon, Iwan Effendi, dan Tromarama.
 
Sedangkan untuk pengisi suara yang membacakan puisi Chairil adalah para artis ternama mulai dari Lukman Sardi, Ine Febrianti, Jerome Kurnia, Christine Hakim, Reza Rahardian, Nicholas Saputra, hingga Happy Salma.
 
Ketujuh karya Chairil yang dipilih oleh para perupa dan pembaca dalam karya seni video kali ini adalah Derai-Derai Cemara, Kepada Kawan, Senja di Pelabuhan Kecil, Sajak Putih, Pemberian Tahu, Kesabaran, dan 1943.
 
Karya-karya ini sudah dapat disaksikan di kanal Indonesiana TV mulai hari ini, dan secara bertahap akan ditampilkan keseluruhan pada 5 Mei dan 12 Mei yang akan datang.
 
Direktur Perfilman, Musik, dan Media (PMM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Ahmad Mahendra mendukung penuh ide-ide dan inisiasi karya seni video ini.
 
"Ini adalah upaya untuk mendorong literasi kita, ada aset-aset bangsa warisan budaya dan tokoh yang penting untuk difasilitasi, jika anak-anak muda atau siapapun masyarakat punya karya-karya seperti ini, bisa langsung datang ke Direktorat PMM," kata Mahendra.
 
Menyambut penayangan keseluruhan Antologi Seni Video, Miles Films juga menampilkan pameran instalasi "Aku Chairil!" pada artina #2: matrajiva di Gedung Sarinah lantai 6 yang sudah berlangsung sejak 4 Maret lalu hingga 31 Mei mendatang.*
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Video "Aku, Chairil!" diluncurkan untuk tarik kaum muda pada puisi