WNI sholat Idul Adha di SIKL

id SIKL, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

WNI sholat Idul Adha di SIKL

Perpisahan dengan Dubes Herman Prayitno (Foto ANTARA / Agus) (1)

Kuala Lumpur, (AntaraKL.Com) -  Sekitar 1.000 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Kuala Lumpur mengikuti salat Idul Adha di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Jalan Tun Ismail, Jumat (1/9).

Mereka mengikuti sholat di tempat tersebut karena gedung KBRI Kuala Lumpur di Jalan Tun Razak sedang direnovasi sehingga aula Hasanuddin tidak bisa digunakan karena dipakai untuk pelayanan.

Shalat pada kesempatan tersebut dipimpin oleh imam H. Abdul Halim Syihab Lc MA yang juga sebagai khatib.

Dalam khutbah-nya Ustadz Halim Syihab mengimbau agar masyarakat Indonesia di Kuala Lumpur memaknai Idul Adha dengan merefleksikan kembali pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan ketaatannya kepada Allah SWT.

"Keimanan Nabi Ibrahim menjalankan perintah Allah SWT tanpa mengira sulitnya rintangan yang dihadapi. Termasuk saat menerima perintah menyembelih putranya, Nabi Ismail," katanya.

Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Drs H Agustinus Suharto MPd dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus permintaan maaf atas keterbatasan tempat shalat di sekolah Indonesia Kuala Lumpur yang belum mampu menampung jumlah jamaah yang banyak.

"Kami minta maaf manakala ada yang tidak kebagian konsumsi karena jamaah yang datang ada sekitar 1.000 orang," katanya.

Dia juga menyampaikan kalau Sekolah Indonesia Kuala Lumpur masih menerima penyaluran binatang qurban hingga Senin (4/9) saat diselenggarakan pemotongan hewan.

Pelaksanaan Salat Idul Adha 1438 H tersebut diselenggarakan atas kerjasama Kerohanian Islam KBRI Kuala Lumpur dan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

Sejumlah diplomat KBRI Kuala Lumpur turut hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Wakil Duta besar KBRI Kuala Lumpur, Andreano Erwin, Atase Imigrasi, Mulkan Lekat, Atase Perhubungan, M Abduh, Atase Pendidikan, Prof Dr Ari Purbayanto, Fungsi Konsuler, Yusron B Ambary.

Nampak juga sejumlah tokoh masyarakat Indonesia diantaranya Kepala Bank Mandiri Remittance, Wahyu Surachmat, Ketua PKB Malaysia, Saiful Aiman, Ketua Partai Nasdem, Tengku Adnan dan lain-lain.

Usai sholat jamaah saling berjabat tangan dan dilakukan ramah tamah antara KBRI Kuala Lumpur dengan masyarakat di ruangan sekolah dengan jamuan dari panitia.

Sementara itu sejumlah organisasi masyarakat diantaranya Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah akan menyelenggarakan penyembelihan qurban, Sabtu (2/9).

Beberapa kelompok masyarakat Indonesia seperti yang ada di Mandiri Cargo sudah menyelenggarakan penyembelihan qurban Jumat ini.